PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN VISUALISASI SPASIAL SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII

HANAFI, MOCHAMMAD (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN VISUALISASI SPASIAL SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img]
Preview
Text (Cover Sampai BAB III)
Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi GeoGebra Terhadap Kemampuan Visualisasi Spasial Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII (3)_Part1.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV dan BAB VI)
Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi GeoGebra Terhadap Kemampuan Visualisasi Spasial Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII (3)_Part2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (Presentase Hasil Cek Similarity)
Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi GeoGebra Terhadap Kemampuan Visualisasi Spasial Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII (3)_Part3.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Kemampuan visualisasi spasial adalah kemampuan memahami, memproses, dan berpikir dalam bentuk visualisasi. Kemudahan dalam memfasilitasi siswa pada proses pembelajaran untuk mengimajinasikan bangun ruang sisi datar yang melibatkan kemampuan spasial siswa menjadi salah satu dambaan tersendiri. Didukung berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pembelajaran matematika berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap kemampuan visualisasi spasial siswa, (2) besar pengaruh pembelajaran matematika berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap kemampuan visualisasi spasial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental designs (Nondesign) yang berupa one group pretest - posttest desing. Pengumpulan data dilakukan melalui (1) instrumen pelaksanaan pembelajaran berupa RPP, (2) instrumen pengumpulan data berupa lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan soal pre – Test dan post – Test kemampuan visualisasi spasial siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII – 1 SMP Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan yang vi berjumlah 31 siswa sebagai kelas replikasi 1 dan siswa kelas VIII – 3 SMP Darul Ulum 1 Unggulan Peterongan yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas replikasi 2. Secara umum hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh pembelajaran matematika berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap kemampuan visualisasi spasial siswa, (2) besar pengaruh pembelajaran matematika berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap kemampuan visualisasi spasial siswa di kelas replikasi 1 (VIII – 1) sebesar 77,9% dan besar pengaruh di kelas replikasi 2 (VIII – 3) sebesar 79,4%. Kata kunci : Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi GeoGebra, Kemampuan Visualisasi Spasial

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:00
Last Modified: 09 Feb 2023 03:00
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2760

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats