KHUSNIYAH, NURIL (2022) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
|
Text (Cover Sampai BAB III)
Hasil Cek Similarity Skripsi_Part1.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV dan BAB V)
Hasil Cek Similarity Skripsi_Part2.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
||
|
Text (Presentase Hasil Cek Similarity)
Hasil Cek Similarity Skripsi_Part3.pdf Download (66kB) | Preview |
Abstract
Gaya belajar adalah cara yang digunakan setiap individu dalam menyerap informasi dengan mudah. Gaya belajar merupakan salah satu faktor pendukung terkait kemampuan literasi matematika. Hal tersebut dapat terjadi karena gaya belajar dapat mempengaruhi hasil belajar maupun prestasi siswa. Pada penelitian ini, gaya belajar yang digunakan adalah gaya belajar VAK (Visual, Audiotori, dan Kinestetik). Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan literasi matematis siswa (2) menguji besar pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan literasi matematis siswa (3) mendeskripsikan bagaimana kemampuan literasi matematis siswa pada gaya belajar VAK tertinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mix method) tipe concurered embedded, dimana penelitian kuantitatif lebih ditekankan. Pengumpulan data dilakukan melalui (1) pengumpulan data kuantitatif dengan tes dan angket, (2) pengumpulan data kualitatif dengan tes, angket, dan wawancara. Sampel penelitian digunakan untuk pengumpulan data kuantitatif yaitu siswa kelas VIII MTs AlHidayah Budug sebanyak 32 orang, sedangkan subjek penelitian digunakan untuk pengumpulan data kualitatif yaitu vii 1 siswa yang memiliki skor tertinggi pada gaya belajar visual, 1 siswa yang memiliki skor tertinggi pada gaya belajar audiotori, dan 1 siswa yang memiliki skor tertinggi pada gaya belajar kinestetik. Secara umum, hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan literasi matematis siswa, (2) besar pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan literasi matematis siswa adalah 27,6% (3) siswa dengan gaya belajar visual tertinggi dapat menyelesaikan level 1 dengan benar. pada level 3,4, dan 6 siswa dengan gaya belajar visual tertinggi sampai pada indikator menerjemahkan masalah. Sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori tertinggi hanya mampu menyelesaikan level 3 dengan benar. Sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik tertinggi dapat menyelesaikan level 1 dengan benar. Pada level 3 hanya terjadi kesalahan pada saat menarik kesimpulan. Kata Kunci : Gaya Belajar, Kemampuan literasi matematis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 02:56 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 02:56 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2759 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |