PENENTUAN STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DI MASA NEW NORMAL PADA UKM TAHU SUSU DESA BADAS KECAMATAN SUMOBITO KABUPATEN JOMBANG

Khoiroh, Iin Uzlifatul (2021) PENENTUAN STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DI MASA NEW NORMAL PADA UKM TAHU SUSU DESA BADAS KECAMATAN SUMOBITO KABUPATEN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masyarakat menyadari pentingnya memiliki usaha di kondisi Covid-19 setelah ter-PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) oleh perusahaan. Maka, UKM (Usaha Kecil Menengah) menjadi harapan masyarakat untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, salah satunya UKM tahu susu di Dusun Badas yang saat Covid-19 mengalami kenaikan pendapatan pada penjualan tahu susu. Penelitian ini bertujuan membuat para UKM tahu susu di Dusun Badas dapat mempertahankan penjualan tahu susu untuk meningkatkan pendapatan dan memperbaiki usahanya dengan menciptakan strategi baru yang akan memuaskan pelanggan dan konsumen. Sehingga di kondisi new normal para UKM tahu susu tetap memberikan hasil yang baik dari penjualan tahu susunya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan hasil pengamatan, wawancara, dokumentasi dan hasil analisis data. Selanjutnya untuk menentukan keunggulan bersaing penulis menggunakan Analisis SWOT, IFAS, dan EFAS. Dari hasil kombinasi kedua faktor tersebut dapat disimpulkan penentuan strategi keunggulan bersaing pada UKM tahu susu yakni bahwa SO (mendukung strategi Growth) sesuai dengan jalan pikiran perusahaan yaitu dengan menghindari ancaman pada UKM tahu susu lain. Sehingga strategi yang dapat dilakukan adalah (1) mempertahankan kualitas produk (2) melakukan promosi tepat sasaran (3) mempertahankan hubungan dengan konsumen (4) mempertahankan harga pada posisi untung. Kemudian menggunakan diagram cartesius untuk menentukan posisi UKM tahu susu. Maka, posisi UKM tahu susu di Dusun Badas dari Analisis SWOT berada di kuadran II yaitu produk yang bagus tetapi banyak ancaman yang disebut kuadran diversifikasi sedangkan pada analisis IFAS dan EFAS berada di kuadran IV yaitu produk lemah tapi adanya peluang yang dapat dimanfaatkan disebut dengan kuadran turn around. Kata Kunci: Penentuan Stategi, Keunggulan Bersaing, UKM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Bisnis dan Bahasa
Fakultas Bisnis dan Bahasa

Fakultas Bisnis dan Bahasa > Administrasi Bisnis
Fakultas Bisnis dan Bahasa > Administrasi Bisnis
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 05 Jan 2023 02:09
Last Modified: 18 Feb 2024 06:32
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2666

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats