MANAJEMEN INTEGRASI PEMBELAJARAN KURIKULUM PENDIDIKAN FORMAL DAN DINIYAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI GENUKWATU I

Nuh, Muhammad (2021) MANAJEMEN INTEGRASI PEMBELAJARAN KURIKULUM PENDIDIKAN FORMAL DAN DINIYAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI GENUKWATU I. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan Diniyah merupakan pendidikan Islam yang terintegrasi dengan sistem pendidikan nasional. Tetapi dalam perkembanganya pendidikan diniyah mengalami berbagai permasalahan, yaitu: (1) Stigma masyarakat yang menganggap pendidikan sebagai pendidikan kelas dua (2) Penurunan karakter anak-anak disebabkan srus negative globalisasi. Dari kejadian ini Bupati Jombang Ibu Munjidah Wahab menyuarakan dalam kampanyenya Jombang “Berkarakter”.Untuk itu dalam penelitian ini akan dikaji lebih mendalam mengenai integrasi pendidikan diniyah dalam sistem pendidikan formal yang dikaji berdasarkan perspektif kebijakan pendidikan nasional dan daerah di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah pertama mendeskripsikan bentuk manajemen pembelajaran kurikulum pendidikan formal. Kedua, mendeskripsikan bentuk manajemen kurikulum pendidikan diniyah. Ketiga, mendeskripsikan bentuk integrasi pembelajaran kurikulum pendidikan formal dan diniyah.. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan cara terjun ke lokasi penelitian untuk menggali data, artikel, dan dokumen-dokumen terkait, untuk kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini ialah bahwa: Pertama, pendidikan formal di SD Negeri Genukwatu I ini sudah terlaksana dengan baik, keterlaksanaan manajemen pembelajaran kurikulum formalnya dengan baik meliputi perencanaan,pengorganisaian, pelaksanaan serta evaluasinya . Kedua, pendidikan diniyah masih perlu peningkatan karena masih terdapat hambatan yang harus segera terselasaikan. Ketiga, integrasi pembelajaran kurikulum pendidikan diniyah kedalam kurikulum formal sudah baik manajemennya, akan tetapi masih perlu perbaikan yang komprehensif sehingga dapat bersinergi dengan mata pelajaran yang lain. Kata Kunci: Manajemen Integrasi Pembelajaran, Kurikulum Pendidikan Formal, Kurikulum Pendidikan Diniyah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 03 Jan 2023 02:41
Last Modified: 03 Jan 2023 02:41
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2618

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats