MULYAKIN, MULYAKIN (2021) PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NU MAZRA’ATUL ULUM PACIRAN LAMONGAN (Studi kasus di MA NU Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan). Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci :Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, Kinerja Guru Kepala sekolah berperan dan bertanggung jawab memimpin, mengorganisir, me-mantau, membina juga memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Dari konsep mana-jerial sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, maka kepala sekolah dengan tanggung jawab yang diembannya diharapkan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Selain kepala sekolah, tenaga pendidik sebagai komponen utama dan pemegang tampuk pendidikan memainkan peranan yang sangat signifikan terhadap keberhasilan pendidikan. Selain standar kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru motivasi kerja memainkan peranan yang cukup signifikan dalam membentuk kinerja seorang guru. Dengan motivasi kerja yang baik bisa membentuk karak-teristik psikologis yang bisa memberikan kontribusi pada tingkat kinerja seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) menjelaskan pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah NU Mazra’atul Ulum Paciran-Lamongan, (2) menjelaskan pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah NU Mazra’atul Ulum Paciran-Lamongan, (3) menjelaskan pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah NU Mazra’atul Ulum Paciran-Lamongan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pen-dekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang terdiri dari variabel kompetensi manajerial kepala sekolah, motivasi kerja, dan kinerja guru. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 30 orang. Sementara untuk uji hipotesis digunakan teknik analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan tekhnik ana-lisis regresi linier berganda (multiple regression). Hasil analisis data membuktikan bahwa (1) ada pengaruh kompetensi manajerial terhadap kinerja guru yang dijelaskan dengan hasil nilai signifikansi t- test yang mempunyai besaran 0,015, (2) ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru yang dijelaskan dengan hasil nilai signifikansi t-test yang mempunyai besaran 0,019, (3) ada pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru yang di-jelaskan dengan hasil uji F yang mempunyai besaran nilai signifikansi 0,000. Adapun be-saran pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolahdan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 67,5% dan 32,,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain selain kedua varia-bel tersebut sebagaimana yang ditunjukkan oleh hasil Uji Anova yang mempunyai besaran R Square sebesar 0,675. Dengan demikian, kompetensi manajerial dan motivasi kerja mempunyai andil yang cukup besar terhadap peningkatan kinerja guru sehingga sudah menjadi keharusan bagi kepala sekolah dan guru untuk selalu memperhatikan dan meningkatkan kompetensi mana-jerial kepala sekolah dan motivasi kerja guna meningkatkan kinerja guru tanpa melupaka-kan factor-faktor lain yang juga mempengaruhi kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 02:34 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 02:34 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2616 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |