INOVASI MANAJEMEN KURIKULUM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang)

ZAHRO, NURUL FATIMATUZ (2021) INOVASI MANAJEMEN KURIKULUM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang). Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lembaga sekolah sebagai sistem yang terbuka tentunya dalam mempertahankan keberadaannya sebagai institusi harus terus berinovasi agar tidak mengorbankan mutu pendidikan dimasa pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Inovasi Manajemen Kurikulumera Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian turun lapangan dengan observasi, dan wawancara secara langsung dengan kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan beberapa siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi, wawancara, dan obsevasi. Kemudian membandingkan antara satu persatu narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Inovasi manajemen kurikulum era revolusi industri 4.0 di SMP Negeri 3 Peterongan sudah mencakup pada semua aspek manajemen kurikulum, yaitu: tujuan, isi kurikulum, media, strategi, proses pembelajaran, pengawasan dan evaluasi (2) Komponen penghambat inovasi manajemen kurikum era revolusi industri di SMP Negeri 3 Peterongan ada dua aspek, yaitu: berubah rubahnya kebijakan dan kemajemukan latar belakang siswa. (3) Komponen pendukung inovasi manajemen kurikum era revolusi industri di SMP Negeri 3 Peterongan, diantaranya: fasilitas yang memadai, MGMPS (Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sekolah) terprogam, pendampingan di asrama, dukungan yayasan dan guru model. (4) Berbagai inovasi telah dikembangkan di SMP Negeri 3 Peterongan. Terbukti dengan hasil lulusan SMP Negeri 3 Peterongan diterima di sekolah- sekolah favorit, prestasi OSN, prestasi FLS2N, sekolah yang bertahan di tingkat rasta atau role model international school menjadi bukti konkrit bahwa inovasi manajemen kurikulum era revolusi industri 4.0 mampu meningkatkan mutu pendidikan di masa pandemi Covid 19 di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang. Kata Kunci: Inovasi Manajemen Kurikulum, Era Revolusi Industri 4.0, Mutu Pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 03 Jan 2023 02:26
Last Modified: 03 Jan 2023 02:26
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2614

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats