MANAJEMEN SISTEM PEMBELAJARAN DIMASA COVID-19 (Studi Komparasi Antar Sekolah Menengah Pertama Sains Tebuireng dan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Misykat Al-Anwar Kwaron Diwek Jombang)

Nadhiroh, Hafidhotun (2021) MANAJEMEN SISTEM PEMBELAJARAN DIMASA COVID-19 (Studi Komparasi Antar Sekolah Menengah Pertama Sains Tebuireng dan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Misykat Al-Anwar Kwaron Diwek Jombang). Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Realitas menunjukkan bahwa dinamika pembelajaran di Indonesia saat ini terganggu oleh wabah Covid-19. Pembelajaran dalam sekolah yang berbasis pesantren dimasa Covid-19 sangat menarik untuk di kaji karena pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan yang mempunyai ketahanan dan mampu mengikuti arus perkembangan zaman. Mata pelajaran PAI merupakan mata pelajaran agama yang mewakili pendidikan Islam di sekolah yang bernaung di bawah dinas pendidikan, untuk itu peneliti merasa tertarik untuk membuat penelitian disekolah yang berada di naungan pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengkomparasikan managemen sistem pembelajaran PAI yang ada di SMP Sains Tebuireng dan SMP Islam Terpadu Misykat Al-Anwar yang keduanya merupakan sekolah yang berbasis pesantren. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan analisis pendekatan deskriptif teknik qualitative content analysis (analisis isi kualitatif) serta tinjauan lapangan dengan subyek penelitian kepala sekolah, WAKA bidang kurikulum, dan guru PAI. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumen. Selanjutnya untuk menguji kredibilitas data digunakan metode trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antara dua sekolah tersebut terdapat perbedaan dalam hal perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran PAI, dalam perencanaan pembelajaran di SMP Islam Terpadu Misykat Al-Anwar merencanakan komponen-komponen pembelajaran yang sama dari sebelum pandemi, hanya saja yang membedakan pada melaksanakan pembelajaran PAI sejak awal pandemi sampai peneliti selesai melakukan penelitian di sekolah tersebut secara daring, sedangkan SMP Sains melaksanakan perencanaan pembelajaran dengan menyesuaikan kebijakan dari dinas pendidikan dengan mengurangi materi pembelajaran sesuai dengan surat edaran dinas pendidikan, sedangkan pelaksanaan pembelajaran awalnya dengan sistem daring kemudian dilaksanakan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kata Kunci: Manajemen Pendidikan, sistem pembelajaran, Covid-19

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 03 Jan 2023 01:45
Last Modified: 03 Jan 2023 01:45
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2599

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats