Mu’is, Abdul (2021) PENGARUH MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KARISMATIK DAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU MI BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan suatu sistem yang harus dijalankan secara terpadu dengan sistem yang ada lainnya guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dari hasil angket peninjauan kurikulum MI Bahrul Ulum ditemukan beberapa fenomena yang terkait dengan profesionalisme guru. Pendekan manajemen kepemimpinan karismatik dan demokratis merupakan salah satu alternatif dalam upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pengaruh manajemen kepemimpinan karismatik kepala madrasah terhadap profesionalitas guru di MI Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang. (2) untuk mendeskripsikan pengaruh manajemen kepemimpinan demokratis kepala madrasah terhadap profesionalitas guru di MI Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang. (3) untuk mendeskripsikan pengaruh manajemen kepemimpinan karismatik dan demokratis kepala madrasah terhadap profesionalitas guru di MI Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang. Untuk mencapai tujuan di atas, dilakukan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) serta desain penelitian survei (Survey Research) instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini sebanyak 50 guru. Analisis yang digunakan meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada pengaruh positif dan signifikant antara kepemimpinan karismatik kepala madrasah terhadap profesionalitas guru di MI Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang, dengan diperoleh nilai t hitung 4.432 > 2.008 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak. (2) Ada pengaruh positif dan signifikant antara kepemimpinan demokratis kepala madrasah terhadap profesionalitas guru di MI Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang, dengan diperoleh nilai t hitung 5.365 > 2.008 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak., 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel pengaruh manajemen kepemimpinan karismatik dan demokratis kepala madrasah terhadap profesionalitas guru yang diperoleh hasil dari Uji F diketahui F hitung (14,659 > 3,19) > F tabel (3,07) dan nilai signifikansi (0,000) < (0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Jadi dengan begitu dapat disimpulkan bahwa manajemen kepemimpinan karismatik dan demokratis yang baik bisa meminimalisir problematika terkait dengan profesionalisme guru. Kata Kunci: Karismatik, Demokratis, Profesionalisme Guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 01:41 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 01:41 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2598 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |