Jamilin, Jamilin (2021) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN UNGGULAN NU MOJOAGUNG JOMBANG. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Kepala sekolah merupakan manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan cara merencanakan , mengorganisasi, melaksanakan dan mengawasi semua program program yang sudah berjalan dengan baik dan mengevaluasi kembali program program pendidikan yang kurang efektif dan kurang efesian. Dengan perkataan lain, bahwa kepala sekolah adalah penggerak pelaksanaan manajemen pendidikan yang berkualitas, termasuk kualitas guru dan kualitas proses pembelajaran itu sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan kepala sekolah dalam upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru di SMK Unggulan NU Mojoagung Jombang. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif, yang menjadi responden penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, para pendidik, dan pihak terkait lainnya. Teknik yang digunakan dalampengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Temuan penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam upaya peningkatan kompetensi pedagogik SMK Unggulan NU Mojoagung, yakni: Pertama, Memotivasi guru untuk berkreasi dan inovasi dalam menggunakan pembelajaran aktif; Kedua, meningkatkan profesionalisme guru; Ketiga, Melakukan evaluasi bersama stakeholder; Keempat, Meningkatkan kualitas siswa dengan mengikutkan iven baik tingkat nasional maupun internasional; Kelima, Mengembangkan budaya kekeluargaan yang baik pada segenap warga sekolah dalam menghadapi masalah internal sekolah; Keenam, Mensinergikan seluruh stakeholder untuk merumuskan program peningkatan belajar dan mengajar (2) Manajemen kepala sekolah dalam upaya peningkatan kompetensi pedagogik , yaitu: Pertama, dengan cara meningkatkan kompetensi para guru dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai educatorr; Kedua, dengan mengikuti kualifikasi pendidikan; Ketiga,mengikuti program pelatihan ; keempat, workshop, seminar, webinar; kelima, memberikan riward bagi guru yang berprestasi: Keenam, komitmen disiplin bersama. (3) Kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru, yaitu: Pertama, guru kurang komitmen dalam melaksanakan program yang sudah disepakati; kedua, Usia dan strata pendidikan; Ketiga, loyalitas dan motivasi guru yang lemah, Keempat, Biaya program pengembangan kompetensi guru; Kelima,intergritas dan totalitas dalam mendidik peserta didik. Keywords: Principal Management, Pedagogic Competence.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 01:38 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 01:38 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2597 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |