PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Mansya’ul Huda Tunggorono Jombang)

Choiruddin, Muhammad (2021) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Mansya’ul Huda Tunggorono Jombang). Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan lembaga pendidikan sangat dipengaruhi oleh profesionalisme kepala Madrasah dalam memimpin dan memberdayakan seluruh organisasi sekolah. Untuk mewujudkan itu, kepala madrasah harus mempunyai peran inovasi yang bermutu dalam mengelola seluruh personil sekolah agar kompetensi dan potensi yang mereka miliki dapat berkembang. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan peran kepala madrasah sebagai inovator dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dan mendeskripsikan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peran inovasi kepala madrasah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru di MI Mansya’ul Huda Tunggorono Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Dan menggunakan tiga triangulasi, yaitu triangulasi sumber, metode dan penyidik. Triangulasi sumber digunakan membandingkan antara hasil data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Triangulasi metode dilakukan dengan mengumpulkan data. Triangulasi penyidik digunakan membandingkan data yang diperoleh seorang informan dengan informan lainnya. Hasil dari penelitian ini adalah kepala madrasah ibtidaiyah Mansyaul Huda Tunggorono Jombang dalam menjalankan tugasnya sebagai inovator dengan cara konstruktif yaitu membina dan mendukung kepada guru untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi, kreatif dengan ide dan gagasan yang baru terkait pendelegasian, delegatif dengan pendelegasikan guru pada tugas yang sesuai kemampuan, pragmatis dengan cara membuat tim evaluasi dengan bentuk divisi-divisi, keteladanan dalam memberi contoh sikap yang baik, disiplin dengan memanfaatkan waktu di sekolah dengan efektif, serta adaptable fleksibel dalam mengahadapi situasi tidak kaku. Faktor pendukungnya, yaitu: kepala madrasah yang profesional, motivasi pendidik tinggi, dan motivasi belajar siswa tinggi. Faktor penghambatnya adalah sarana prasarana kurang memadai, dan metode mengajar yang kurang variatif. Kata Kunci: Inovasi Kepala Madrasah dan Kompetensi Pedagogik Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 03 Jan 2023 01:29
Last Modified: 03 Jan 2023 01:29
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2595

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats