Peran Manajerial Kepala Madrasah Terhadap Program Gerakan Literasi Madrasah ( GeLeM ) Dalam Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jombang

Mutmainatun, Indah (2021) Peran Manajerial Kepala Madrasah Terhadap Program Gerakan Literasi Madrasah ( GeLeM ) Dalam Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jombang. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam pemahaman relejiusitas dan pembentukan karakter sejak dini. Melihat dari kenyataan zaman sekarang ini, dimana peran orang tua dalam mendidik anak sudah banyak berkurang karena sibuk pekerjaan juga rendahnya pemahaman ilmu agama, dan arus informasi yang sangat terbuka dan tidak bisa dibendung, maka upaya kepala madrasah secara manajerial menerapkan kewenangannya dalam program literasi berbasis mata pelajaran aqidah akhlak di MIN 4 Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Manajerial Kepala Madrasah Terhadap Program Gerakan Literasi Madrasah ( GeLeM ) Berbasis Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jombang, untuk mengetahui bagaimana implementasi program literasi berbasis Mata pelajaran Aqidah akhlak di MIN 4 Jombang; untuk mengetahui bagaimana kepala madrasah menerapkan sistematika manajerial dan dampak program literasi berbasis Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam upaya meningkatkan religiusitas yang mengarah pada tingkat pemahaman keagamaan peserta didik di MIN 4 Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif kualitatif dengan secara langsung mengimplementasikan sistematika manajerial kebijakan kepala madrasah dan program literasi berbasis Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MIN 4 Jombang. Untuk menganalisis data dalam tesis ini, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode deskriptif dan analisis yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan kepercayan, keteralihan, ketergantungan dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan kepala madrasah secara manajerial tentang program literasi ini disambut dengan baik dan diberikan ijin pelaksanaan serta diberikannya dukungan sarana prasarana guna terlaksananya program tersebut. Implementasi manajerial kebijakan kepala madrasah dalam program literasi berbasis Mata Pelajaran aqidah akhlak ini menggunakan beberapa metode, antara lain: Metode khitobah, hafalan, E - literasi komputer, menuliskan intisari bacaan, berdiskusi dan presentasi. Implementasi program literasi berbasis mata pelajaran aqidah akhlak ini memberikan dampak terhadap peserta didik dalam meningkatkan pemahaman Pendidikan Agama Islam, meningkatkan kompetensi baca tulis Al-Qur‟an, meningkatkan kompetensi ibadah wajib, meningkatnya semangat literasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci: Manajerial Kepala Madrasah, Literasi, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 03 Jan 2023 01:21
Last Modified: 03 Jan 2023 01:21
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2592

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats