SUFAHAN, MOKHAMAD (2019) HUBUNGAN STATUS GIZI, PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH AS-SULAIMANIYAH KAUMAN MOJOAGUNG JOMBANG. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena belum diketahui hubungan antara status gizi dan prestasi belajar pada siswa kelas V Madrasah ibtidaiyah AS-Sulaimaniyah Mojoagung, serta sebagai sumber informasi untuk guru dan orang tua siswa tentang status gizi anak beserta kaitannya dengan tingkat prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui hubungan antara status gizi, Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan prestasi belajar siswa kelas V Madrasah ibtidaiyah AS-Sulaimaniyah Kauman, Mojoagung, Jombang. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode kuantitatif yang termasuk jenis penelitian analitik survei dengan pendekatan crossectional. Teknik Sampling yang digunakan pada penelitian ini menggunakan simple random sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa kelas kelas V Madrasah ibtidaiyah AS-Sulaimaniyah Kauman, Mojoagung, Jombang . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi, Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan prestasi belajar siswa di SekolahMadrasah ibtidaiyah AS-Sulaimaniyah Kauman, Mojoagung, Jombang . Pengumpulan status gizi diperoleh dari data pengukuran berat badan dan tinggi badan, yang kemudian diolah menggunakan program Nutrisurvey 2005 Indonesian Versions untuk mengetahui indeks masa tubuh (IMT) siswa, sedangkan prestasi belajar diperoleh dengan mengambil nilai rata-rata rapor siswa semester I. Uji statistik yang digunakan yaitu uji korelasi Pearson Product Moment dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 (5%) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang kuat antara status gizi dan tingkat prestasi belajar siswa kelas V Madrasah ibtidaiyah AS-Sulaimaniyah Kauman, Mojoagung, Jombang. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar (rxv) sebesar 0,125 > r tabel (0,195). Hal ini diduga karena masalah gizi siswa kelas V Madrasah ibtidaiyah AS-Sulaimaniyah Kauman, Mojoagung, Jombang masih dalam tahap ringan sehingga tidak mempengaruhi prestasi belajar, selain itu dikarenakan ada faktor lain yaitu faktor psikologi (minat, bakat, motivasi), faktor sosial, dan pendekatan belajar (metode dan strategi belajar), yang lebih kuat daripada status gizi yang mampu memepengaruhi prestasi belajar siswaMadrasah ibtidaiyah AS-Sulaimaniyah Kauman, Mojoagung, Jombang . . Kata kunci: Status gizi, Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 31 Dec 2022 02:46 |
Last Modified: | 31 Dec 2022 02:46 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2588 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |