MANAJEMEN KADERISASI GURU AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DIPONDOK PESANTREN AL-URWATUL WUTSQO BULUREJO DIWEK JOMBANG

ZAHIQ, MOHAMMAD (2019) MANAJEMEN KADERISASI GURU AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DIPONDOK PESANTREN AL-URWATUL WUTSQO BULUREJO DIWEK JOMBANG. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Kaderisasi Guru Al-Qur’an dan Mtu Pendidikan. Berfokus pada tiga aspek, yakni. Pertama. Bagaimana Mutu Kaderisasi Guru Al-Quran di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo. Kedua. Bagaimana Manajemen Kaderisasi Guru Al-Qur’an dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo. Ketiga. Bagaimana Problematika Manajemen Kaderisasi Guru Al-Qur’an untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo. Untuk memecahkan permasalahan dan mencari jawaban atas tiga permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus tunggal (single case study approach), teknik pengumpulan data menggunakan interview, observation, dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah teknik deskriptif dengan membuat gambaran sistematis dan faktual, analisis dilakukan dengan tiga cara yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Sesuai dengan fokus penelitan, terdapat tiga sub fokus penting hasil penelitian ini. Pertama. Mutu Kaderisasi Guru Al-Quran di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo yakni, a) Dukungan dari pemerintah, b) Kepemimpinan pengasuh yang efektif, c) Kinerja guru yang baik, d) Kurikulum yang relavan, e) Lulusan yang berkualitas, f) Budaya dan iklim organisasi yang efektif, g) Dukungan masyarakat dan ornag tua santri. Kedua, Manajemen Kaderisasi Guru Al-Qur’an dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo. a) Pelaksanaan kaderisasi dimulai semenjak awal mondok, b) Pelaksanaan kaderisasi dilaksanakan pada jam diniyah. c. Pemberian kartu pelatih untuk yang telah lulus. d. praktik mengajar di lembaga sekitar. Ketiga, Problematika Manajemen Kaderisasi Guru Al-Qur’an untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo, a) kurangnya SDM, b) Minimnya Kaderisasi, c) Guru/pendidik, d) Struktur tidak konsisten Atas dasar hasil penelitian, peneliti memberikan rekomendasi kepada 1. Pengasuh, guru, tempat penelitian untuk lebih mengembangkan lagi program yang sudah ada. 2. Pondok-pondok yang ada di Indonesia hendaknya diadakan program serupa di pondok-pondok. 3. Untuk pemerintah hendaknya mendukung dan memfasilitasi program kaderisasi guru al-Qur’an di pondok pesantren

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 31 Dec 2022 02:43
Last Modified: 31 Dec 2022 02:43
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2587

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats