ANALISA NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MAKNA TERSIRAT NAZAM ALFIYAH IBNU MALIK DAN AKTUALISASINYA PADA KONTEKS PENDIDIKAN ISLAM MODERN

FODHIL, MUHAMMAD (2019) ANALISA NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MAKNA TERSIRAT NAZAM ALFIYAH IBNU MALIK DAN AKTUALISASINYA PADA KONTEKS PENDIDIKAN ISLAM MODERN. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Islam, Nazam Alfiyyah Ibn Malik. Pendidikan Islam saat ini memang telah banyak mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern. Tentu saja dalam hal ini ada sisi negatif yang menyertai. Dalam hal ini, dibutuhkan suatu benteng agar pendidikan Islam tidak keluar dari tujuan aslinya. Nazam Alfiyyah Ibn Malik karya Muhammad Jamaluddin bin ‘Abdullah bin Malik al-Andalusi yang berisi tentang ilmu Nahwu dan Shorof yang tersusu dalam 1002 bait nazam, ternyata mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang tersembunyi pada setiap bait-baitnya. Selain berisi ilmu Nahwu dan Shorof, jika dikaji lebih dalam secara otomatis akan memunculkan ilmu-ilmu yang berhubungan dengan kehidupan sosial manusia yang sangat bermanfaat jika diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam makna tersirat Nazam Alfiyyah Ibn Malikdan aktualisasinya dalam konteks pendidikan modern. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam Nazam Alfiyyah Ibn Malik serta bagaimana cara untuk dapat mengaktualisasikannya dalam dunia pendidikan modern. Penelitian ini dikategorikan jenis penelitian kepustakaan (Library Reseach), dengan mengambil sumber objek penelitian Nazam Alfiyyah Ibn Malik. Pengumpulan data dengan menghimpun berbagai literature seperti buku, majalah, artikel dan internet. Metode penelitian bersifat deskriptif. Jenis pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan filosofis Dalam penelitian ini, nilai-nilai pendidikan Islam yang tersirat dalam Nazam Alfiyyah Ibn Malik terdiri dari nilai aqidah, nilai ibadah serta nilai pendidikan akhlak. Adapaun nilai pendidikan akhlak meliputi akhlak kepada Allah, akhlak kepada Rosulullah, akhlak kepada diri sendiri, akhlak dalam keluarga, serta akhlak dalam masa mencari ilmu. Adapun nilai-nilai pendidika Islam tersebut dapat diaktualisasikan pada konteks pendidikan moderen terutama pada komponen-komponen penting pendidikan seperti tujuan pendidikan, kurikulum pendidikan, pendidik, peserta didik serta proses pembelajaran. Diharapkan penelitian ini dapat menambah khazanah keilmuan sebagai bekal untuk upaya mencapai tujuan pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LA History of education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 31 Dec 2022 02:35
Last Modified: 31 Dec 2022 02:35
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2584

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats