MANAJEMEN KURIKULUM 2013 PADA SEKOLAH DASAR NEGERI BULU KEC. SUGIHWARAS KAB. BOJONEGORO

STIAWAN, MUHAMAD HABIB (2019) MANAJEMEN KURIKULUM 2013 PADA SEKOLAH DASAR NEGERI BULU KEC. SUGIHWARAS KAB. BOJONEGORO. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pokok Masalah tesis ini adalah Bagaimana Manajemen Kurikulum 2013 Pada SDN Bulu Kec. Sugihwaras Kab. Bojonegoro. Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk memberikan gambaran umum Manajemen Kurikulum 2013 Pada SDN Bulu Kec. Sugihwaras Kab. Bojonegoro, 2) Untuk mengidentifikasi peluang dan kendala Manajemen Kurikulum 2013 Pada SDN Bulu Kec. Sugihwaras Kab. Bojonegoro, 3) Untuk mengidentifikasi upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala Manajemen Kurikulum 2013 Pada SDN Bulu Kec. Sugihwaras Kab. Bojonegoro. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kualitatif dengan pendekatan Metodologi yaitu Fenomenologi dan Sosiologi sedangkan pendekatan Keilmuan meliputi Pedagogik, Yurudis Formal dan Psikologis. Sumber data penelitian ini terdiri atasKepala Sekolah dan Guru yang ada di lingkungan SDN Bulu Kec. Sugihwaras Kab. Bojonegoro sebagai informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan, instrumen Wawancara, Observasi Partisipatif, Dokumentasi, dan penelusuran referensi. Teknik analisis/pengolahan data kualitatif menggunakan 3 tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) display data, dan3) verifikasi data. Hasil Penelitian yaitu; Pertama, manajemen Kurikululm 2013 pada SDN Bulu Kec. Sugihwaras Kab. Bojonegoro, meliputi (1), guru masih merasa kesulitan dengan penerapan Kurikulum 2013 di SDN Bulu Kec. Sugihwaras Kab. Bojonegoro (2) Seminar atau pelatihan tentang Kurikulum 2013 di SDN Bulu Kec. Sugihwaras Kab. Bojonegoro tidak diberikan secara merata. Kedua, Peluang Manajemen Kurikulum di SDN Bulu Kec. Sugihwaras Kab. Bojonegoro Penerapan kurikulum 2013 di SDN SDN Bulu Kec. Sugihwaras Kab. Bojonegoro secara prosedural sudah berjalan dengan baik karena sekolah ini sudah pernah mengadakan seminar dan pelatihan tentang penerapan kurikulum 2013. Adapun Kendala manajemen Kurikulum 2013 pada SDN Bulu Kec. Sugihwaras Kab. Bojonegoro yaitu dilihat dari sikap guru belum melaksanakan penilaian autentik secara optimal, dan kurangnya kecakapan dalam menggunakan IT apalagi sudah aplikasi khusus yang dibuat untuk mempermudah input nilai, dalam proses pembelajaran masih ada guru yang tidak menilai hasil serta proses pembelajaran. KetigaUpaya yang dilakukan untuk mengatasi Kendala Manajemen Kurikululm 2013 Pada SDN Bulu Kec. Sugihwaras Kab. Bojonegoro diantaranya;(1) melakukan workshop atau pelatihan-pelatihan terkait kurikulum 2013,(2) memanfaatkan KKG disetiap mata pelajaran, sehingga kendala-kendala yang muncul seperti pada saat membuat RPP bisa teratasi. Implikasi penelitian ini yaitu perlu dilakukan pelatihan terkait kurikulum 2013 di SDN SDN Bulu Kec. Sugihwaras Kab. Bojonegoro secara merata agar semua guru memperoleh informasi yang sama tentang kurikulum 2013 ini. Perlu adanya kerjasama dengan penerbit buku agar kebutuhan buku pelajaran yang berbasis kurikulum 2013 dapat terpenuhi terutama pelajaran yang belum ada buku berbasis 2013. Guru perlu meningkatkan kemampuannya dalam memahami kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 31 Dec 2022 02:32
Last Modified: 31 Dec 2022 02:32
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2583

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats