PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT DHUHA BERJAMA‟AH TERHADAP AKHLAK MULIA PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN 5 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2018-2019

SULISTYANINGSIH, TITIK (2019) PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT DHUHA BERJAMA‟AH TERHADAP AKHLAK MULIA PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN 5 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

lulloh SAW, sholat yang dikerjakan ketika waktu dhuha yaitu waktu dimana matahari mulai naik kira-kira 7 hasta (sejak terbitnya matahari) atau ketika bayangan suatu benda menjadi benda itu selain bayangan istiwak, maka tidak dihitung bayangan suatu benda ketika istiwak (sampainya matahari di tengah langit dan ketika itu muncul bayangan suatu benda maka dinamakan bayangan istiwak) sampai sebelum waktu dzuhur. Penelitian ini difokuskan pada pelaksanaan Shalat Dhuha Berjama‟ah yang menjadi program di MTsN 5 Jombang dalam rangka memberikan pendidikan Akhlak Mulia kepada peserta didik melalui nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan informasi bagi MTsN 5 Jombang dalam usaha untuk memberikan pendidikan bersosialisasi dengan sesama yang dilakukan dengan menjalankan shalat dhuha berjama‟ah. Adapun bentuk penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional, metode ini dilakukan untuk mendapatkan kejelasan tentang ada tidaknya hubungan antara variabel dan karakteristik responden seperti yang ada dalam konteks penelitian ini, untuk menentukan hubungan antara variabel yang satu dengan lainya serta menggunakan hubungan tersebut dalam membuat prediksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pembiasaan Shalat Dhuha Berjama‟ah terhadap Akhlak Mulia peserta didik. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan angket yang disebarkan kepada siswa dengan cara Teknik Purposive Sampling yakni penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 752 siswa, adapun dalam penelitian ini siswa yang dijadikan sampel adalah kelas VII yang berjumlah 128 siswa. Data pelaksanaan Pembiasaan Shalat Dhuha Berjama‟ah dan Akhlak Mulia Peserta Didik setelah di analisa dengan menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank Test didapatkan hasil bahwa rata-rata ranking untuk nilai negatif adalah 38,75 dan nilai positif adalah 65,33, dengan asumsi ada 4 peserta didik memperoleh nilai pretest ≤ nilai postest, 124 peserta didik memperoleh nilai pretest ≥ nilai posttest dan tidak ada (0) peserta didik yang memperoleh nilai pretest = nilai posttest. Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 ≤ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa “H1 diterima”. Ada perbedaan antara Pembiasaan sholat dhuha berjamaah untuk pre test dan post test, sehingga dapat disimpulkan bahwa “terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah dilaksanakan Pembiasaan sholat dhuha berjamaah terhadap akhlak mulia peserta didik kelas VII MTsN 5 Jombang” Kata Kunci : Shalat Dhuha Berjama’ah – Akhlak Mulia Peserta Didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 31 Dec 2022 02:23
Last Modified: 31 Dec 2022 02:23
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2580

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats