PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN LATAR BELAKANG ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 JOMBANG

Hidayati, Lailatul (2019) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN LATAR BELAKANG ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 JOMBANG. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan pengetahuan seseorang. Keberhasilan pendidikan seseorang sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain bakat dan kecerdasan anak tersebut, kegiatan proses belajar mengajar di sekolah, lingkungan keluarga maupun lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan belajar, yang penting adalah bagaimana menciptakan kondisi atau suatu proses yang mengarahkan siswa itu melakukan aktivitas belajar dengan teratur dan disiplin. Kemampuan seorang pemimpin dalam mengembangkan mutu pendidikan tidak lepas dari keyakinan, nilai, dan perilaku yang dikembangkan kepala madrasah dalam organisasi sekolah untuk melakukan perbaikan mutu berkelanjutan. Seorang kepala madrasah tidak bisa mengatur, mempengaruhi, mengajak anggotanya untuk meraih tujuan pendidikan. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa di MTs Negeri 10 Jombang. Jenis penelitian kuantitatif dengan populasi dalam penelitian sebanyak 553 siswa. Penentuan jumlah responden sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik random sampling sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah 85 responden. Uji prasyarat analisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda dan koefisien determinasi dengan perhitungan menggunakan SPSS PASW Statistics 18. Hasil penelitian yang bersumber dari pengolahan data menunjukkan hubungan yang positif antara variabel kepemimpinan kepala madrasah, latar belakang orang tua dan kedisiplinan siswa. Secara parsial pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kedisiplinan siswa sebesar 9,775 dan pengaruh latar belakang orang tua terhadap kedisiplinan siswa sebesar 0,847. Secara simultan variabel kepemimpinan kepala madrasah dan latar belakang orang tua bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai 47,803 terhadap kedisiplinan siswa. Dari hasil analisis ditemukan bahwa pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan latar belakang orang tua terhadap kedisipilinan siswa adalah 116,59% sedang sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini. Kata Kunci: kepemimpinan, latar belakang orang tua, dan kedisiplinan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 31 Dec 2022 02:12
Last Modified: 31 Dec 2022 02:12
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2576

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats