STUDI KOMPARATIF PERENCANAAN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JOMBANG DAN MADRASAH TSANAWIYAH AL-URWATUL WUTSQO

Masrufa, Binti (2020) STUDI KOMPARATIF PERENCANAAN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JOMBANG DAN MADRASAH TSANAWIYAH AL-URWATUL WUTSQO. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : Perencanaan Strategik dan Mutu Lulusan Salah satu faktor penyebab rendahnya mutu lulusan saat ini adalah rendahnya kemampuan sekolah dalam melaksanakan perencanaan strategik secara utuh. Banyak sekolah menyusun perencanaan strategik bukan sebagai patokan untuk mengembangkan mutu pendidikan kedepannya tetapi hanya sebagai bentuk formalitas. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis langkah-langkah perencanaan strategik dalam meningkatkan mutu lulusan MTsN 9 Jombang dan MTs al-Urwatul Wutsqo, 2) menganalisis program peningkatan mutu lulusan yang direncanakan MTsN 9 Jombang dan MTs al-Urwatul Wutsqo, 3) menganalisis evaluasi program peningkatan mutu lulusan MTsN 9 Jombang dan MTs al-Urwatul Wutsqo, 4) menganalisis persamaan dan perebedaan perencanaan strategik dalam meningkatkan mutu lulusan MTsN 9 Jombang dan MTs al-Urwatul Wutsqo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan rancangan perbandingan/mengkomparasikan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, menyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil temuan penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Penyusunan perencanaan strategik melalui 3 tahap yaitu: analisis lingkungan internal dan ekternal sehingga dihasilkan akuntabilitas sustsinability, pencocokan dengan potensi yang dimiliki dan berdasarkan kebutuhan stakeholders serta adanya sistem monitoring, menentukan strategi jangka pendek dengan menerapkan sistem bottom up dan menghasilkan konsep strategi distincive competence. 2) Program peningkatan mutu lulusan serta kualitas pendidik dan tenaga kependidikan yang fokus pada bagaimana memperbaiki proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif membidik pada sukses UN dan agama. 3) Evaluasi program dilakukan dengan mengevaluasi internal dan ekternal yang dilakukan secara sistematis setiap akhir semester dan akhir tahun ajaran. 4) Persamaan terdapat pada sasaran program peningkatan mutu melalui perbaikan konten kurikulum dan strategi penyusunan perencanaan melalui pendekatan partisipatori, sedangkan perbedaannya pada teknik penetapan strategi dan pelaksanaan yang disesuaikan dengan potensi dan kebutuhan masing-masing madrasah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 17 Dec 2022 01:50
Last Modified: 17 Dec 2022 01:50
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2564

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats