MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU BERBASIS BUDAYA RELIGIUS DI MADRASAH TSANAWIYAH BABUSSALAM KALIBENING MOJOAGUNG JOMBANG

Umam, Mohammad Khoirul (2020) MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU BERBASIS BUDAYA RELIGIUS DI MADRASAH TSANAWIYAH BABUSSALAM KALIBENING MOJOAGUNG JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci :Manajemen, Pengembangan Mutu, BudayaReligius Pengembangan mutu madrasah merupakan upaya yang harus terus dilakukan dalam usaha untuk meningkatkan kualitas kehidupan bangsa Indonesia. Kondisi tersebut dikarenakan peningkatan mutu madrasah tentu akan berpengaruh langsung terhadap peningkatan kualitas pendidikan yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas SDM pada suatu negara. Berbagai bukti empirik telah menunjukkan bahwa tingginya kualitas SDM suatu negara diawali dengan meningkatnya mutu lembaga pendidikan di negara tersebut, Namun demikian peningkatan mutu madrasah bukanlah proses yang mudah dilakukan karena sangat terkait antara berbagai faktor yang mempengaruhinya. Budaya religius adalah suasana religius yang telah menjadi kebiasaan sehari-hari. Jadi budaya religius harus didasari tumbuhnya kesadaran dalam diri Tujuan penelitian ini untuk menemukan dan mendeskripsikan 1) Bangunan budaya religius di Madrasah Tsanawiyah Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang. 2) Manajemen pengembangan mutu berbasis budaya religius di Madrasah Tsanawiyah Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang. 3) Strategi pengembangan mutu madrasah berbasis budaya religius di Madrasah Tsanawiyah Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang, 4) Faktor pendorong dan penghambat manajemen pengembangan mutu berbasis budaya religius di Madrasah Tsanawiyah Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang Untuk menemukan manajemen pengembangan mutu berbasis budaya religius di Madrasah Tsanawiyah Babussalam dengan unsur-unsur pokok yang harus ditemukan sesuai dengan fokus, tujuan, dan manfaat penelitian, maka digunakan metode penelitian kualitatif.Penelitian kualitatif pada hakikatnya ialah mengamati orang dalam lingkungan hidupnya, berinteraksi dengan mereka, berusaha memahami bahasa dan tafsiran mereka tentang dunia sekitarnya.Dalam penelitian ini yang akan diamati adalah orang dan program manajemennya, yakni para pendidik dan peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan alasan (1) data penelitian bersifat alamiah, (2) penelitian ini mementingkan proses, dan (3) data berupa data deskriptif yang berupa kata-kata, frase, kalimat atau teks. Dari hasil analisis dapat di ketahui bahwa 1) Bangunan budaya religius yang ada di Madrasah Tsanawiyah Babussalam itu mengacu pada Visi, Misi dan Tujuan. 2) Manajemen pengembangan mutu berbasis budaya religius yang ada di Madrasah Tsanawiyah Babussalam yaitu madrasah sebagai organisasi pembelajar merupakan kumpulan dari individu-individu pembelajar yang ada dalam madrasah. 3) Strategi pengembangan mutu berbasis budaya religius yang ada di Madrasah Tsanawiyah Babussalam yaitu berupa tataran nilai yang dianut. 4)Adapun dalam mengatasi semua hambatan yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah Babussalam, dalam manajemen pengembangan mutu berbasis budaya religius adalah dengan mengadakan koordinasi kepala madrasah dengan para waka bidang, kemudian dimusyawarahkan dengan pengurus komite, setelah mendapatkan solusi, maka solusi tersebut disosialisasikan kepada semua guru dan karyawan yang ada di Madrasah Tsanawiyah Babussalam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 17 Dec 2022 01:40
Last Modified: 17 Dec 2022 01:40
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2562

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats