Wafa, M Aliyul (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH MU’ALLIMIN MU’ALLIMAT BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci : Implementasi, Manajemen Kurikulum Jantung dari pendidikan adalah kurikulum, apabila ingin memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan maka yang pertama harus dilakukan adalah mengembangkan dan melengkapi kurikulum yang disesuaikan dengan potensi daerah dan perkembangan zaman. Agar proses pembelajaran dalam pelaksanaan kurikulum berjalan secara efektif dan efisien, serta mencapai hasil yang diharapkan, maka diperlukan menajemen program dan pengajaran, atau secara garis besar adalah manajemen kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen kurikulum yang diterapkan di Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, dengan fokus mencakup: (1) perencanaan kurikulum, (2) pelaksanaan kurikulum, dan (3) evaluasi kurikulum di Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis jenis penelitian kualitatif, dan spesifikasi penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil temuan penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan kurikulum Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dilakukan melalui 3 tahap, yaitu: pertama diagnosis kebutuhan (diagnosis of needs) mencakup visi dan misi lembaga, aspirasi orang tua peserta didik, kebijakan pesantren, perkembangan dan potensi anak serta kebijakan pemerintah. Kedua, merumuskan tujuan pendidikan (formulation of objectives). Ketiga, seleksi dan organisasi isi. 2) Pelaksanaan kurikulum Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Bahrul Ulum Tambakberas Jombang terlihat pada kegiatan pembelajaran yang bersifat integratif dan komprehensif memadukan kurikulum intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler dalam satu kesatuan sistem pendidikan pesantren yang mampu memadukan tri pusat pendidikan; pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat. 3) Evaluasi kurikulum Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dilakukan terhadap guru dan siswa. Evaluasi teradap guru dengan mensupervisi kinerja guru dan absensi. Sedangkan evaluasi terhadap siswa adalah melalui ulangan harian, UTS dan UAS, ujian akhir tahun dan ujian praktek mengajar. Kriteria ketuntasan siswa adalah pencapaian nilai di atas KKM, dan akan dilakukan perbaikan atau remidi bagi siswa dengan nilai di bawah KKM.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 17 Dec 2022 01:31 |
Last Modified: | 17 Dec 2022 01:31 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2559 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |