Zulkarnain, Rosyid (2020) PENGARUH KEPRIBADIAN GURU DAN KEDISIPLINAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AINUL ULUM KAROBELAH MOJOAGUNG JOMBANG. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Usaha untuk meningkatkan motivasi belajar siswa agar semangat dan antusias dalam belajar, salah satunya adalah pemberian teladan yang baik. Pemberian teladan yang baik dapat dilakukan melalui kepribadian guru dan kedisiplinan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Kepribadian Guru dan Kedisiplinan Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Ainul Ulum Karobelah Mojoagung Jombang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif menggunakan rumus korelasi product moment dan rumus regresi linier ganda. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel, yaitu Kepribadian Guru (X1), Kedisiplinan Guru (X2) dan Motivasi Belajar Siswa (Y). Dari hasil penelitian diketahui nilai koefesien r_hitung lebih besar dari pada r_tabel, yaitu 0,541 > 0,449 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh X1 secara parsial terhadap Y. Dan nilai koefesien r_hitung lebih besar dari pada r_tabel, yaitu 0,677 > 0,449 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh X2 secara parsial terhadap Y. Nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,01 dan nilai Fhitung 13,125 > Ftabel 2,750, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesisnya diterima yang berarti terdapat pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y. Kesimpulan ini juga dikuatkan dari nilai R Square sebesar 0,467. Nilai ini menunjukkan bahwa pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y adalah sebesar 46,7%. Sedangkan sisanya adalah sebesar 53,3% (100% - 46,7%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Kepribadian, Kedisiplinan, Motivasi Belajar Usaha untuk meningkatkan motivasi belajar siswa agar semangat dan antusias dalam belajar, salah satunya adalah pemberian teladan yang baik. Pemberian teladan yang baik dapat dilakukan melalui kepribadian guru dan kedisiplinan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Kepribadian Guru dan Kedisiplinan Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Ainul Ulum Karobelah Mojoagung Jombang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif menggunakan rumus korelasi product moment dan rumus regresi linier ganda. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel, yaitu Kepribadian Guru (X1), Kedisiplinan Guru (X2) dan Motivasi Belajar Siswa (Y). Dari hasil penelitian diketahui nilai koefesien r_hitung lebih besar dari pada r_tabel, yaitu 0,541 > 0,449 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh X1 secara parsial terhadap Y. Dan nilai koefesien r_hitung lebih besar dari pada r_tabel, yaitu 0,677 > 0,449 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh X2 secara parsial terhadap Y. Nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,01 dan nilai Fhitung 13,125 > Ftabel 2,750, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesisnya diterima yang berarti terdapat pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y. Kesimpulan ini juga dikuatkan dari nilai R Square sebesar 0,467. Nilai ini menunjukkan bahwa pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y adalah sebesar 46,7%. Sedangkan sisanya adalah sebesar 53,3% (100% - 46,7%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Kepribadian, Kedisiplinan, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 17 Dec 2022 01:23 |
Last Modified: | 17 Dec 2022 01:23 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2557 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |