STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUL AULAD DIWEK

Anwar, Choirul (2020) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUL AULAD DIWEK. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru merupakan kunci keberhasilan dalam dunia pendidikan, oleh karenanya pengembangan kompetensi guru sangat diperioritaskan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi guru untuk meningkatkan mutu pendidikan, kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kompetensi guru untuk meningkatkan mutu pendidikan dan model pengembangan kompetensi guru yang disarankan ke depan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Tarbiyatul Aulad Diwek.. Penelitian ini merupakan penelituan kualitatif, peneliti turun di lapangan dengan observasi dan wawancara secara langsung dengan kepala madrasah, waka, guru, karyawan. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung kemudian membandingkan antara satu persatu narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. langkah-langkah strategi Kepala Madrasah dalam mengembangkan kompetensi guru sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan di MI. Tarbiyatul Aulad adalah terbagi ke dalam dua kegiatan strategi, yang pertama strategi formal yaitu guru ditugaskan oleh lembaga mengikuti pendidikan & latihan, baik yg dilakukan lembaga sekolah itu sendiri maupun oleh lembaga pendidikan/pelatihan. Dan strategi non formal yaitu guru atas keinginan dan usaha sendiri melatih dan mengembangkan dirinya yang berhubungan dengan pekerjaan atau jabatannya 2. dalam mngembangkan kompetensi guru di MI. Tarbiyatul Aulad ini ada beberapa kendala yang dihadapi, antara lain: Penguasaan teknologi yang kurang, kurang kreatifitasnya guru dalam proses pembelajaran di kelas dan kurang banyaknya koleksi buku atau fasilitas sekolah, serta kurang adanya hasil karya ilmiah yang dibuat oleh guru-guru. 3. Adapun langkah-langkah kepala madrasah dalam menghadapi kendala-kendala dalam mengembangkan kompetensi guru adalah : a. Penguasaan teknologi yang kurang, yaitu dengan Pemenuhan sarana dan prasarana yang berhubunga dengan bidang teknologi, Mengadakan pelatihan dalam bentuk IHT (In-house training ) dan Belajar dengan teman sejawat, b. Kurangnya kreatifitas guru yaitu dengan melalui pemberian supervisi, pemberian pembinaan dan pengembangan, pemberian reward bagi guru yang memiliki kreativitas yang tinggi, menciptakan suasana kerja yang menyenangkan, dan memberi kebebasan, c. kurangnya penelitian/karya ilmiah yang dihasilkan Guru, yakni dengan menjalin kerjasama yang baik antara banyak pihak, dan sering mengadakan diskusi antar guru. Kata kunci :Strategi Kepala Madrasah, kompetensi guru, mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 17 Dec 2022 01:21
Last Modified: 17 Dec 2022 01:21
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2556

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats