HUBUNGAN MANAJEMEN MUDAROSAH DAN KEDISIPLINAN GURU DENGAN KUALITAS MENGHAFAL AL QUR’AN SANTRI DI PONDOK TAHFIDZ MANBA'UL QUR’AN BANCANG WATES MOJOKERTO TAHUN 2019

Asrori, Zainul (2020) HUBUNGAN MANAJEMEN MUDAROSAH DAN KEDISIPLINAN GURU DENGAN KUALITAS MENGHAFAL AL QUR’AN SANTRI DI PONDOK TAHFIDZ MANBA'UL QUR’AN BANCANG WATES MOJOKERTO TAHUN 2019. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menghafal Al Qur’an merupakan upaya meresapkan sesuatu kedalam pikiran agar selalu ingat ayat-ayat Al Qur’an. Hal ini berarti mengamalkan atas dasar banyak membaca dan mengulang-ulang secara kontinyu ayat-ayat Al Qur’an supaya tersimpan dalam pikiran dan terlatih pada lisan. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mendeskripsikan hubungan manajemen mudarosah dengan kualitas menghafal Al Qur’an santri Pondok Tahfidz Manba’ul Qur’an Bancang Wates Mojokerto, (2) Untuk mendeskripsikan hubungan kedisiplinan guru dengan kualitas menghafal Al Qur’an santri Pondok Tahfidz Manba’ul Qur’an Bancang Wates Mojokerto, (3) Untuk mendeskripsikan hubungan manajemen mudarosah dan kedisiplinan guru dengan kualitas menghafal Al Qur’an santri Pondok Tahfidz Manba’ul Qur’an Bancang Wates Mojokerto. Dalam penelitian ini rancangan penelitian penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini diambil dari 108 santri huffadz Pondok Tahfidz Manba’ul Qur’an dengan sampel 30 % yaitu 30 responden yang menggunakan analisis uji validitas dan reliabilitas. Tehnik analisis yang dipakai adalah analisis deskriptif, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda dan koefisien determinasi dengan perhitungan menggunakan aplikasi SPSS 23.. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara manajemen mudarosah dan kedisiplinan guru dengan kualitas menghafal Al Qur’an santri Pondok Tahfidz Manba’ul Qur’an Bancang Wates Mojokerto. Secara parsial hubungan manajemen mudarosah dengan kualitas menghafal Al Qur’an santri sebesar 5,729 dan hubungan kedisiplinan guru dengan kualitas menghafal Al Qur’an santri sebesar 209. Secara simultan hubungan manajemen mudarosah dan kedisiplinan guru dengan kualitas menghafal Al Qur’an santri mersama-sama memiliki hubungan yang signifikan sebesar 18,426 terhadap kualitas menghafal Al Qur’an santri. Dari hasil analisis ditemukan bahwa hubungan manajemen mudarosah dan kedisiplinan guru dengan kualitas menghafal Al Qur’an santri adalah 57,7%, sedang sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Manajemen Mudarosah, Kedisiplinan Guru dan Kualitas Hafalan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:03
Last Modified: 14 Dec 2022 03:03
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2550

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats