ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM PADA POKOK BAHASAN GRAFIK FUNGSI TRIGONOMETRI

ROFIAH, ALIATUR (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM PADA POKOK BAHASAN GRAFIK FUNGSI TRIGONOMETRI. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Trigonometri adalah cabang ilmu matematika yang mempelajari hubungan antara sisi dan sudut dalam segitiga. Mengingat pentingnya trigonometri, maka siswa diharapkan untuk dapat menguasai materi tersebut. Salah satu pokok bahasan yang sering dianggap sulit bagi siswa adalah grafik fungsi trigonometri. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal berdasarkan taksonomi Bloom pada pokok bahasan grafik fungsi trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal berdasarkan taksonomi Bloom pada pokok bahasan grafik fungsi trigonometri. Taksonomi Bloom yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan empat tingkatan Bloom yaitu mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang siswa kelas X MAN 2 Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi grafik fungsi trigonometri berdasarkan taksonomi Bloom yaitu, kesalahan konsep, kesalahan operasi dan kesalahan prinsip. Adapun kesalahan konsep yang dilakukan siswa, yaitu (a) subjek tidak bisa menyebutkan pengertian dan konsep-konsep tentang grafik fungsi trigonometri (amplitudo, periode, nilai maksimum dan nilai minimum), (b) subjek salah menyebutkan langkah-langkah menentukan rumus dalam menyelesaikan soal, (c) subjek tidak memahami rumus apa yang digunakan dalam soal. Pada kesalahan operasi subjek salah dalam proses penghitungan saat mencari nilai fungsi dan persamaan fungsi pada soal yang telah diberikan. Sedangkan pada kesalahan prinsip yang dilakukan siswa, yaitu (a) subjek tidak paham syarat apa yang akan digunakan sebelum menyelesaikan soal, (b) subjek tidak paham tentang rumus dan cara yang digunakan dalam menyelesaikan soal, (c) subjek tidak dapat mengilustrasikan soal ke dalam bentuk gambar. Kata Kunci : Trigonometri, Grafik Fungsi Trigonometri, Taksonomi Bloom, Kesalahan Konsep, Kesalahan Operasi, Kesalahan Prinsip

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 10 Nov 2022 01:17
Last Modified: 10 Nov 2022 01:17
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2516

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats