PENGARUH SELF-CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Fitayanti, Nurul (2021) PENGARUH SELF-CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Self Confidence merupakan sikap percaya diri yang harus ada dalam diri siswa. Rasa percaya diri memiliki keterkaitan dengan kemampuan terhadap pemecahan masalah memecahkan masalah matematis karena siswa yang percaya terhadap kemampuannya akan lebih mudah dalam menyusun strategi dalam menyelesaikan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh self-confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) besar pengaruh self-confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (3) mendeskripsikan bagaimana pengaruh selfconfidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mix method) tipe concurered embedded, dimana penelitian kuantitatif lebih ditekankan. Pengumpulan data dilakukan melalui (1) pengumpulan data kuantitatif dengan tes dan kuisioner, (2) pengumpulan data kualitatif dengan tes, kuisioner dan wawancara. Sampel penelitian adalah siswa kelas IX SMP Islam Raudlatul Ulum Brangkal sebanyak 30 orang, dengan subjek 1 siswa yang memiliki self-confidence tinggi dengan pemecahan masalah tinggi dan 1 siswa yang memiliki self-confidence tinggi dengan pemecahan masalah rendah, 1 siswa yang memiliki self-confidence sedang dengan pemecahan masalah rendah dan 1 siswa yang memiliki self-confidence tinggi dengan pemecahan masalah sangat rendah, serta 1 siswa yang memiliki selfconfidence rendah dengan pemecahan masalah sangat rendah. Secara umum hasil yang diperoleh dari peelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh self-confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) besar pengaruh mathematical resilience terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah 26,6%, (3) secara umum siswa dengan self-confidence tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang tinggi dan rendah. Siswa dengan self-confidence sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang rendah dan sangat rendah. Sementara itu siswa dengan self-confidece rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang sangat rendah. Kata Kunci : Self-Confidence, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 10 Nov 2022 01:14
Last Modified: 10 Nov 2022 01:14
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2515

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats