IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VII SMP ISLAM SUWAYUWO

Sholichah, Masfhiyatus (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VII SMP ISLAM SUWAYUWO. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mind Mapping adalah salah satu metode pembelajaran kreatif dan efektif dengan cara memetakan pikiran-pikiran kita berupa gambar beserta penjelasannya. Mind Mapping juga merupakan salah satu metode yang tepat untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan metode Mind Mapping pada pembelajaran Matematika kelas VII di SMP ISLAM Suwayuwo.(2) menguji perbedaan kreativitas sebelum dan sesudah diterapkannya metode mind mapping pada pembelajaran matematika kelas VII di SMP ISLAM Suwayuwo (3) mendeskripsikan peningkatan kreativitas siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mix method) tipe concurred embedded.. pengumpulan data dilakukan melalui (1) pengumpulan data kuantitatif dengan tes dan lembar observasi,(2) pengumpulan data kualitatif dengan tes dan wawacara. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII SMP ISLAM Suwayuwo sebanyak 30 siswa, dengan subjek 3 yang memiliki perbedaan tingkat kreatifitas mulai dari rendah hingga tinggi. Secara umum hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Proses pembelajaran matematika dengan menggunakan metode mind mapping pada materi segitiga dan segiempat di kelas VII SMP ISLAM Suwayuwo terlaksana dengan sangat baik (2) berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik kelas VII sebelum dan sesudah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping (3) kreativitas siswa setelah perlakuan lebih baik dari sebelum perlakuan karena rata-rata dari post test lebih tinggi dari pre test. Adapun rata- rata skor hasil pre test adalah 21,94 dan rata-rata skor hasil post test adalah 48,01. Kata Kunci : Mind Mapping, Kreativitas siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 10 Nov 2022 01:10
Last Modified: 10 Nov 2022 01:10
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2513

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats