PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOALAMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA KELAS X

SARIFAH, SARIFAH (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOALAMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA KELAS X. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Logaritma adalah salah satu materi matematika kelas X SMA yang masih dianggap sulit bagi siswa. Kurangnya motivasi dalam proses pembelajaran membuat siswa cenderung merasa bosan dan kurang semangat dalam belajar matematika sehingga dibutuhkan kegiatan belajar mengajar yang bermakna. Penting bagi seorang guru untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran dengan harapan siswa termotivasi dan bersemangat dalam belajar matematika, termasuk dalam materi logaritma. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran KOALAMATIKA yang valid, efektif dan praktis sehingga meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi media, angket respon siswa, angket respon guru dan angket motivasi belajar siswa. Media pembelajaran KOALAMATIKA diuji cobakan pada siswa kelas X MIPA-1 dan X MIPA-2 SMA DU 3 Bilingual Peterongan Jombang. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji validasi media KOALAMATIKA oleh validator ahli pada aspek piranti manual didapatkan skor sebesar 91,6%, aspek bahasa didapatkan skor sebesar 83,3%, aspek soal didapatkan skor sebesar 62,5%, aspek lain didapatkan skor sebesar 87,5%. Sedangkan dari validator praktisi pada aspek piranti manual didapatkan skor sebesar 100%, aspek bahasa didapatkan skor sebesar 100%, aspek soal didapatkan skor sebesar 100%, aspek lain didapatkan skor sebesar 100%. Berdasarkan hasil dari validator ahli dan validator praktisi semua aspek mempunyai kualitas valid, kecuali pada aspek soal oleh validator ahli mempunyai kualitas cukup valid. Hasil uji coba keefektifan media pembelajaran KOALAMATIKA dilihat dari angket respon siswa memenuhi kategori sangat baik dengan rataan skor akhir ( ) sebesar 3,59 ( 2,51) dan lembar angket motivasi belajar siswa sebesar 07 ( ) dengan kriteria peningkatan baik. Hasil uji coba kepraktisan media pembelajaran KOALAMATIKA dilihat dari angket respon guru yang memenuhi kategori sangat baik dengan rataan skor ( ) sebesar 3,16 ( ). Jadi dapat dikatakan bahwa media pembelajaran KOALAMATIKA terbukti valid, praktis, efektif dan dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Saran pengembangan produk lebih lanjut sebaiknya menambahkan jumlah penggunakan batang sendok untuk membagi numerusnya, mengembangkan lebih lanjut media KOALAMATIKA untuk soal logaritma selain bilangan bulat dan soal logaritma yang bilangan numerusnya tidak hanya merupakan hasil perpangkatan bulat positif dari basis, termasuk pengembangan pada sifat-sifat logaritma serta materi matematika yang lain. Saran uji coba media lebih lanjut sebaiknya vii dilakukan uji coba lapangan untuk menilai seberapa jauh keefektifan dan kepraktisan media tersebut. Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Matematika, KOALAMATIKA, Motivasi Belajar, Logaritma

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 10 Nov 2022 01:07
Last Modified: 10 Nov 2022 01:07
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2512

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats