ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE KOOPERATIF DENGAN STRATEGI PROBLEM SOLVING DI SMPT DARUL DAKWAH

HIMMA, NUR FIDIYATUL (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE KOOPERATIF DENGAN STRATEGI PROBLEM SOLVING DI SMPT DARUL DAKWAH. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritiss siswa diperlukan metode pembelajaran yang baik. Salah satunya yaitu dengan menerapkan pembelajaran dengan metode kooperatif dengan strategi problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif dengan strategi problem solving (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis sebelum penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif dengan strategi problem solving (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa sesudah penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif dengan strategi problem solving. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui (1) Lembar observasi (2) soal tes (3) wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPT Darul Dakwah sebanyak 20 siswa. Secara umum hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) penerapan Pembelajaran Metode Kooperatif Dengan Strategi Problem Solving berjalan efektif sesuai dengan hasil lembar observasi bahwa terjadi peningkatan dari pertemuan I dan II (2) Kemampuan berpikir kritis sebelum penerapan pembelajaran menggunakan metode kooperatif dengan strategi problem solving siswa hanya mampu memenuhi 1 sampai 2 indikator berpikir kritis. (3) Kemampuan berpikir kritis setelah penerapan pembelajaran menggunakan metode kooperatif dengan strategi problem solving dengan hasil tes yang sudah ada siswa mampu memenuhi sampai 3, 5 dan 6 indikator kemampuan berpikir kritis. Kata kunci : Metode Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 10 Nov 2022 01:03
Last Modified: 10 Nov 2022 01:03
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2511

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats