ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS

OCTAVIANI, ARMELIA DWI (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran matematika membutuhkan kemampuan komunikasi matematis untuk mendukung kemampuan matematis yang lain seperti pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kombinasi antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pemecahan masalah ditinjau dari disposisi matematis di SMP Negeri 2 Kutorejo. Pada penelitian ini diambil 5 subjek penelitian, yaitu subjek dengan disposisi matematis sangat tinggi (LA), tinggi (BD), sedang (ID), rendah (GP) dan sangat rendah (EN) berdasarkan kriteria yang telah ditentukan peneliti. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes angket disposisi matematis dan tes pemecahan masalah. Secara umum hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : LA mampu menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan, menggambarkan objek yang sesuai serta menuliskan kesimpulan jawaban. LA tidak menuliskan langkah – langkah jawaban yang sesuai dan tidak menggunakan simbol, istilah serta notasi matematika. BD mampu menuliskan hal yang diketahui, menggambarkan objek yang sesuai serta menuliskan kesimpulan jawaban. BD tidak menuliskan hal yang ditanyakan, langkah – langkah jawaban yang sesuai dan tidak menggunakan simbol, istilah serta notasi matematika. ID dan EN mampu menuliskan hal yang diketahui meskipun tidak lengkap serta mampu menggambarkan objek yang sesuai. ID dan EN tidak menuliskan langkah – langkah untuk menyelesaikan masalah dan tidak menggunakan simbol, istilah serta notasi matematika tetapi mampu menuliskan kesimpulannya. GP mampu menuliskan hal yang diketahui meskipun tidak lengkap serta mampu menggambarkan objek yang sesuai. GP tidak menuliskan langkah – langkah untuk menyelesaikan soal dan tidak membuat kesimpulan jawaban dari soal yang diberikan. Kata Kunci : Komunikasi Matematis, Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 10 Nov 2022 01:01
Last Modified: 10 Nov 2022 01:01
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2510

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats