PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RODA PUTAR INTEGRAL (ROTARIN) DILENGKAPI LEMBAR TUGAS SISWA PADA MATERI INTEGRAL

Wuriandari, Devita Lely (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RODA PUTAR INTEGRAL (ROTARIN) DILENGKAPI LEMBAR TUGAS SISWA PADA MATERI INTEGRAL. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Integral adalah bentuk operasi matematika yang merupakan invers (kebalikan) dari operasi turunan. Integral ada dua macam yaitu integral tak tentu dan integral tentu. Akan tetapi pada penelitian ini, akan terfokus kepada integral taktentu. Penelitian pengembangan ini bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan media pembelajaran ROTARIN dilengkapi lembar tugas siwa yang valid, efektif dan praktis. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, danEvaluation). Instrumen penelitian ini yaitu lembar validasi media, soal pretes postest, angket respon siswa, dan angket respon guru. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas XII IPA 2 MAN 2 Jombang. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji validasi media ROTARIN oleh validator ahli pada aspek piranti manual didapatkan skor sebesar 62,5%, aspek bahasa didapatkan skor sebesar 75%, aspek isi didapatkan skor sebesar 75% dan aspek lain didapatkan skor sebesar 80%. Sedangkan dari validator praktisi pada aspek piranti manual didapatkan skor sebesar 93.75%, aspek bahasa didapatkan skor sebesar 83.33%, aspek tugas didapatkan skor sebesar 100% dan aspek lain didapatkan skor sebesar 90%. Berdasarkan hasil dari validator ahli dan validator praktisi semua aspek mempunyai kualitas valid, kecuali pada aspek piranti manual oleh validator ahli mempunyai kualitas cukup valid. Hasil uji coba keefektifan media ROTARIN dilihat dari peningkatan hasil posttes dibanding hasil pretes. Hasil postest mengalami peningkatan sebesar 0,91 yang memenuhi kriteria efektif. Hasil uji coba kepraktisan media ROTARIN dilihat dari angket respon siswa dan angket respon guru. angket respon siswa memenuhi kategori sangat baik dengan rataan skor akhir (

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 10 Nov 2022 00:59
Last Modified: 10 Nov 2022 00:59
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2509

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats