Fikriansyah, Ardi (2021) KONSEP BELAJAR DALAM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH QS.’AL-ALAQ AYAT 1-5 PERSPEKTIF TAFSIR AL-MISBAH). Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam memahami konsep belajar, yang mengarah pada aspek perubahan tingkah laku melalui tambahnya pengetahuan. Pendapat para pemikir pendidikan Islam yang menyebutkan ke arah pendekatan diri kepada Allah Swt dalam rangka mencapai kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat nantinya. Konsep belajar dari barat tidak berangkat dari filosofi penciptaan manusia, hanya berangkat dari ilmu dan alam. Penelitian ini dilaksanakan agar pembaca lebih memahami konsep belajar dalam memulai suatu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan tekhnik mengkaji kepustakaan dari buku tafsir Al-Misbah. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah model library research. Metode pengumpulan data adalah buku tafsir Al-Misbah, jurnal dan artikel. Dalam Islam, khususnya dalam surat Al-Alaq 1-5, istilah belajar menggunakan terminologi ta‟allama dari akar kata ‟allama. Belajar diartikan sebagai proses pencarian ilmu pengetahuan yang termanifestasikan dalam perbuatan sehingga terbentuk manusia paripurna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam sudut pandang Islam khususnya surat Al-„Alaq ayat 1-5 dalam perspekif tafsir Al-Misbah pembelajaran adalah niat belajar dengan ikhlas, memahami tujuan pembelajaran, memulai latihan dalam pembelajaran, memulai dengan membaca dan menulis suatu pembelajaran. Kata kunci: konsep belajar, pendidikan Islam, al-Misbah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 04:34 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 04:34 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2477 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |