Iqbal, Muhammad (2021) RELEVANSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER ABUDDIN NATA. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Proses pendidikan bukan hanya terjadi melalui interaksi antara guru dengan murid, dosen dengan mahasiswa, melainkan juga interaksi antara semua pihak yang terlibat dengan kegiatan pendidikan, baik langsung maupun tidak langsung. Agar proses interaksi tersebut berjalan efektif, bermakna dan produktif, maka masing-masing pihak harus berada dalam kondisi psikologi yang nyaman, aman dan menyenangkan. Dalam penelitian ini mencari konsep tentang pemikiran psikologi pendidikan Islam perspektif Abuddin Nata, isi dan penjelasan yang ada di dalam buku-buku karangan Abuddin Nata dapat diperjelas dan diperinci dalam kajian ini. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah model library research. Metode pengumpulan data adalah buku psikologi pendidikan Islam, ilmu pendidikan Islam, isu-isu kontemporer tentang pendidikan Islam jurnal dan artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikologi pendidikan Islam menyempurnakan psikologi pendidikan kontemporer. Psikologi pendidikan Islam berperan dalam membimbing dan menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan jiwa anak, psikologi pendidikan Islam memiliki peran dalam memahami sifat, karakter dan kecenderungan seorang anak dalam belajar. Kata Kunci: Psikologi, Pendidikan Islam, Kontemporer, Abuddin Nata
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 03:52 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 04:12 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2465 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |