Khusnandia, Lailatul (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH BABUSSALAM KALIBENING MOJOAGUNG JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II B dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi hukum bacaan lam ta’rif Al-Qomariyah dan AsySyamsiyah di MI Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang. Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar siswa masih relatif rendah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus model Kurt Lewin. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II B MI Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang sebanyak 23 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan media kartu soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II B pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi hukum bacaan lam ta’rif Al-Qomariyah dan Asy-Syamsiyah di MI Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang. Pada tahap pra siklus, 8 siswa tuntas dengan rata-rata 68 dan persentase ketuntasan 34,7%. Pada tahap siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata nilai 74,5 dan persentase 69,5%. Dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata nilai 83,9 dan persentase 86,9%. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, media kartu soal, hasil belajar, Al-Qur‟an Hadis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 03:37 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 03:37 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2461 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |