Implementasi Metode Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Gedangan Mojowarno Jombang

Umah, Rohmatul (2021) Implementasi Metode Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Gedangan Mojowarno Jombang. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi salah satu yang paling rendah ketuntasan belajar pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Gedangan Mojowarno Jombang sehingga perlu diperbaikai agar dapat meningkat dengan menerapkan metode Scramble. Penelitian ini betujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa pada Bahasa Indonesia sebelum, pada saat dan setelah penerapan metode Scramble. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, tiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian tahap pra siklus hasil belajar siswa sebanyak 25,7% yaitu sembilan siswa dari 35 siswa tuntas sebelum penerapan metode Scramble dan di siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan 62,9% atau 22 siswa setelah diterapkan metode Scramble, dan semakin meningkat lagi di siklus II sebanyak 100% atau 35 siswa tuntas. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa metode scramble dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia. Kata Kunci: metode Scramble, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 26 Feb 2022 02:44
Last Modified: 26 Feb 2022 02:48
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2400

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats