Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Tingkat Kecemasan Matematika

Anita, Nur (2019) Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Tingkat Kecemasan Matematika. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika ditinjau dari tingkat kecemasan matematika di MAU Darul Ulum Jombang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini di ambil 3 subjek penelitian yang terdiri dari satu subjek dengan tingkat kecemasan matematika sangat tinggi (TKST), satu subjek dengan tingkat kecemasan matematika tinggi (TKT), dan satu subjek dengan tingkat kecemasan matematika sedang (TKS). Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket kecemasan matematika, tes pemecahan masalah, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa : pada tahap memahami masalah TKS dan TKT memahami masalah, menyebutkan informasi apa yang diketahui, apa yang ditanyakan dan bisa menceritakan kembali pemahamannya dengan menggunakan bahasanya sendiri serta bisa menggambarkan sketsa dengan benar, sedangkan subjek TKST tidak menuliskan informasi apa saja yang diketahui, apa saja yang ditanyakan serta menceritakan kembali sesuai apa yang ada pada soal dan menggambar sketsa yang salah. Pada tahap merencanakan penyelesaian masalah, ketiga subjek memiliki rencana untuk menyelesaikan soal tersebut tetapi rencana yang dibuat oleh subjek TKST kurang tepat. Pada tahap melakukan rencana pemecahan masalah, ketiga subjek melakukan penyelesaian dengan menggunakan rencana yang telah direncanakan sebelumnya meskipun pada subjek TKST tetap melaksanakan rencananya yang kurang tepat. Pada tahap memeriksa kembali jawaban pemecahan masalah, subjek TKS memeriksa kembali jawabannya mulai dari sketsa gambar, rumus yang digunakan serta operasian perhitung yang digunakan sehingga jawabannya benar, untuk subjek TKT hanya memeriksa rumus yang digunakan dan operasi perhitungnya sehingga jawabannya benar meskipun pada sketsa gambar ada yang salah, sedangkan subjek TKST tidak memeriksa kembali jawabannya sehingga jawaban akhir yang diperoleh subjek TKST salah. Kata kunci :pemecahan masalah, tingkat kecemasan matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:54
Last Modified: 04 Jan 2022 04:54
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2385

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats