Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Concept Mapping Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis Siswa

‘ULYA, HIMMATUL (2019) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Concept Mapping Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian pengembangan ini mempunyai dua tujuan yaitu (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Concept Mappinguntukmemfasilitasi pemahaman konsep siswa yang valid, efektif, dan praktis. (2) Menghasilkan Lembar Kerja Siswa berbasis Concept Mapping untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa yang valid, efektif, dan praktis.Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Plomp (2010) yang sudah dimodifikasi oleh Romadhan (2013) menjadi 4 fase yaitu 1) investigasi awal, 2) desain, 3) realisasi, 4) tes, evaluasi dan revisi. LKS diuji cobakan secara terbatas kepada enam siswa kelas X IPS dan uji coba lapangan kepada 23 siswa kelas X IPA MA Babussalam. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar validasi LKS, angket respon siswa, angket respon guru, dan tes pemahaman konsep. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis concept mapping yang memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa telah memenuhi kriteria valid, efektif, dan praktis. Berdasarkan hasil validasi maka LKS memenuhi kriteriavalid yang telah ditetapkan dengan persentase kevalidan 79,17%. Hasil uji keefektifan berdasarkan pada angket respon siswa dan tes pemahaman konsep. LKS efektif dimana hasil respon siswa memenuhi kriteria keefektifan dengan skor Sf= 73,91% dan tes pemahaman konsep memenuhi kriteria keefektifan dengan skor Sa= 84%. Hasil uji coba kepraktisan LKS dilihat dari hasil angket respon guru memenuhi kriteria praktis dengan skor Sp= 77,5%. Saran pengembangan produk lebih lanjut sebaiknya LKS dikembangkan pada materi-materi lain dalam mata pelajaran matematika. Kata kunci :Lembar Kerja Siswa (LKS),Concept mapping, pemahaman konsep matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:51
Last Modified: 04 Jan 2022 04:51
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2384

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats