Analisis Pengajuan Soal Matematika Siswa Mts Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer

Chumairoh, Luluk (2020) Analisis Pengajuan Soal Matematika Siswa Mts Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengajuan soal matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer di MTs Darul Ulum Sumberpenganten Jombang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini diambil 2 subjek penelitian yang terdiri dari satu subjek dengan gaya kognitif visualizer dan satu subjek dengan gaya kognitif verbalizer berdasarkan kriteria yang telah ditentukan peneliti. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes VVQ (Visualizer and Verbalizer Questionare), tes pengajuan soal, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa subjek verbalizer membuat soal dari informasi verbal dan visual yang jumlahnya sama banyak, soal yang dibuat subjek verbalizer ada yang berkategori proposisi penugasan dan ada juga yang berkategori proposisi kondisional, semua soal yang dibuat subjek verbalizer hanya mengandung 1 relasi semantik, semua soal yang dibuat subjek verbalizer berada pada tingkat kesulitan sedang, dan subjek verbalizer dapat menyelesaikan semua soal dengan benar. Sedangkan subjek visualizer membuat soal dari informasi visual lebih banyak daripada informasi verbal, semua soal yang dibuat subjek visualizer berkategori proposisi penugasan, semua soal yang dibuat subjek visualizer hanya mengandung 1 relasi semantik, soal yang dibuat subjek visualizer ada yang berada pada tingkat kesulitan sedang dan ada juga yang berada pada tingkat kesulitan tinggi, dan subjek visualizer dapat menyelesaikan semua soal dengan benar. Kata Kunci: pengajuan soal, gaya kognitif visualizer, gaya kognitif verbalizer.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 02 Jan 2022 02:07
Last Modified: 02 Jan 2022 02:07
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2339

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats