Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Teori Newman Kelas X RPL SMKN MOJOAGUNG

Solikhah, Enik Ummatus (2020) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Teori Newman Kelas X RPL SMKN MOJOAGUNG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa kelas X RPL SMKN Mojoagung tahun ajaran 2019/2020 dalam menyelesaikan soal HOTS matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan teori newman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian diambil 3 siswa dari 36 siswa kelas X RPL SMKN Mojoagung, masing-masing terdiri atas satu siswa dari kelompok rendah, satu siswa kelompok sedang dan satu siswa kelompok atas. Pengelompokkan didasarkan perangkingan hasil tes siswa, kemudian dipilih 1 siswa dengan nilai terendah pada masing-masing kelompok. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil tes pada soal HOTS materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan subjek. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang muncul saat siswa menyelesaikan soal HOTS sistem persamaan linear tiga variabel adalah S1 melakukan kesalahan : (a) kesalahan membaca soal, yaitu tidak dapat memaknai kalimat yang diajukan dalam soal (b) kesalahan memahami soal, yaitu menyebutkan apa yang diketahu tapi tidak sesuai dengan soal (c) kesalahan transformasi yaitu tidak tepat dalam memilih rumus yang digunakan (d) kesalahan keterampilan proses yaitu tidak dapat melanjutkan prosedur penyelesaian dan tidak tepat dalam menjelaskan proses penyelesaian (e) kesalahan penulisan jawaban, yaitu menuliskan jawaban akhir yang tidak sesuai dengan permintaan soal. S2 melakukan kesalahan : (a) kesalahan keterampilan proses yaitu tidak tepat dalam menjelaskan proses penyelesaian (b) kesalahan penulisan jawaban yaitu menuliskan jawaban akhir yang tidak sesuai dengan permintaan soal. Sedangkan S3 melakukan kesalahan : (a) kesalahan keterampilan proses yaitu tidak tepat dalam menjelaskan proses penyelesaian (b) kesalahan penulisan jawaban yaitu menuliskan jawaban akhir yang tidak sesuai dengan permintaan soal. Kata kunci : Analisis Kesalahan, Teori Newman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 02 Jan 2022 02:04
Last Modified: 02 Jan 2022 02:04
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2338

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats