Problematika Penggunaan Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas 7 Di Madrasah Tsanawiyah Mujahidin Kedawong Diwek Jombang

Zubaidah, Siti (2021) Problematika Penggunaan Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas 7 Di Madrasah Tsanawiyah Mujahidin Kedawong Diwek Jombang. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja problematika penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran fiqih kelas 7 di MTs Mujahidin Kedawong Diwek Jombang dan bagaimana solusinya. Desain penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. metode pengumpulan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode ceramah yang diterapkan oleh guru pada proses pembelajaran fiqih di kelas 7 itu kurang efektif tanpa digabungkan dengan metode-metode pembelajaran yang lain. Hal ini terlihat ketika guru sedang menerangkan materi pelajaran ada siswa yang tidur dan kurang semangat. Sedangkan problematika yang dihadapi guru dalam penggunaan metode ceramah adalah guru tidak ada persiapan mengajar (tidak membuat perangkat pembelajaran) dan kurangnya waktu yang diberikan oleh madrasah yang hanya 45 menit dan 1 kali pertemuan yang mana seharusnya 2 kali pertemuan. Adapun solusinya adalah guru membuat perangkat pembelajaran dan menambahkan waktu pelajaran pada pelajaran mulok yang guru fiqih ampu di MTs Mujahidin Kedawong Diwek Jombang. Kata Kunci : Problematika, Metode Ceramah, Pembelajaran Fiqih Kelas 7

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 23 Dec 2021 02:17
Last Modified: 23 Dec 2021 02:17
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2326

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats