Puspita, Dwi Satya Mega (2021) Implementasi Program Pendidikan Diniyah Dalam Mewujudkan Peserta Didik Yang Cerdas Spiritual (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang). Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan diniyah merupakan salah satu cara mengatasi adanya krisis religius atau kekeringan spiritual generasi muda. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan rancangan, pelaksanaan program pendidikan diniyah dan perwujudan dari peserta didik yang cerdas spiritual di SMP Negeri Bandarkedungmulyo. Mengunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode triangulasi data. Hasilnya: rancangan program pendidikan diniyah diatur dalam PERBUB Jombang nomor 41 tahun 2019 menggunakan kurikulum 2013. Pelaksanaannya dalam bentuk kurikuler dengan beban belajar 32 jam pelajaran dalam satu semester atau 2 jam pelajaran dalam seminggu, menggunakan kitab kuning, sorogan dan klasikal sesuai dengan tingkatannya. Perwujudan dari cerdas spiritual yaitu peserta didik dapat menerapkan nilai-nilai yang positif dan religius, memahami tujuan hidupnya, memiliki sikap dan perilaku yang baik, berakhlakul karimah, memiliki jiwa yang besar dan empati, seperti: rajin beribadah, suka menolong, hormat dan patuh, pema’af dan selalu berusaha menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Diniyah, Cerdas Spiritual
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 01:55 |
Last Modified: | 23 Dec 2021 02:19 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2321 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |