PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH PLUS DARUL ‘ULUM PETERONGAN JOMBANG

Murtadlo, Muhammad Ali (2020) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH PLUS DARUL ‘ULUM PETERONGAN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran aqidah akhlak merupakan satu dari komponen pendidikan Agama Islam, yang mempunyai arahan dalam mendorong, membimbing, mengembangkan kompetensi murid untuk berperilaku baik dan jujur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran aqidah akhlak, problematika pembelajaran aqidah akhlak dan mendeskrisikan solusi pembelajaran aqidah akhlak di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah plus Darul ‘Ulum Peterongan Jombang. Metode yang digunakan dalam Proses penelitian ini adalah metode studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif lapangan. Proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang evektifnya pembelajaran di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah plus Darul ‘Ulum Peterongan Jombang dapat diupayakan dengan meningkatkan kopetensi guru, memotivasi murid agar lebih mandiri dalam mengolah materi dan mengaplikasikannya, sehingga pembelajaran ini kelak bisa benar-benar menjadi pedoman hidup mereka dikemudian hari. Kata Kunci : Problematika, Pembelajaran, Aqidah Aklak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 30 Jun 2021 01:23
Last Modified: 18 Feb 2024 06:52
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2283

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats