Karim, Abdul (2020) METODE PENINGKATAN KUALITAS HAFALAN DAN BACAAN AL-QURAN BAGI SISWA KELAS TAHFIZ DI SMP ISLAM TERPADU AR RUHUL JADID JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsinikan metode peningkatan kualias hafalan dan bacan al-Quran bagi siswa kelas Tahfiz di SMP Islam Terpadu Ar Ruhul Jadid Jombang Melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penyajian data, data dianalisis, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : metode yang digunakan untuk meningkatan kualias hafalan dan bacan al-Quran bagi siswa kelas Tahfiz di SMP Islam Terpadu Ar Ruhul Jadid adalah metode ziyadah, murojaah munaqosya dan talaqi yang telah dimodifikasi. Metode ini menitik beratkan pada kelancaran hafalan siswa, serta memperhatikan bacaan siswa. Dalam pelaksanaannya yang pertama ialah setoran ziyadah minimal 1 halaman setiap hari, kemudian murojaah minimal 2 halaman setiap hari, talaqi seminggu sekali dan munaqosyah setelah mendapat rekomendasi dari guru kelompoknya. Faktor pendukung yang mempengaruhi kelancaran metode tersebut adalah kematangan metode yang sudah dimodifikasi oleh tim al-Quran, sedangkan faktor pnghambat yang mempengaruhi tidak tercapainya target ialah dari ketidak disiplinan dan kurangnya motivasi siswa dalam menghafal al-Quran. Kata Kunci: Metode, Hafalan dan Bacaan, Siswa Kelas tahfiz
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 03:33 |
Last Modified: | 10 Mar 2024 02:14 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2264 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |