YANTI, FEBY P D (2020) SISTEM REKOMENDASI PERLENGKAPAN WEDDING ORGANIZER MENGGUNAKAN COLLABORATIVE FILTERING. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Studio 26 merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang penyewaan alat-alat wedding organizer. Banyaknya pilihan daftar produk sehingga membuat konsumen kesulitan dalam menentukan pilihan yang sesuai dengan budget yang ditentukan. Pada penelitian ini penulis membangun sistem yang dapat merekomendasikan item pilihan produk yang sesuai dengan harga yang ditentukan oleh user. Perlunya sistem rekomendasi yang mampu memberikan informasi dan rekomendasi produk kepada konsumen, maka sistem dibangun menggunakan algoritma Item-Based Collaborative Filtering, karena metode ini merupakan sistem yang merekomendasikan suatu item. Dalam penelitian ini data yang digunakan merupakan data harga berdasarkan data range harga yang sudah disediakan oleh administrator yang akan difilter berdasarkan range harga yang dipilih oleh user. Dengan melakukan 4 tahap perhitungan yaitu Pearson Correlation untuk menghitung nilai similaritas, perhitungan prediksi, dan MAE untuk menghitung tingkat akurasi nilai error atau rata-rata selisih antara nilai prediksi dan nilai yang sebenarnya, hasil MAE bisa dikatakan akurat jika hasil mendekati 0. Hasil akurasi yang dicapai dari penelitian ini tergolong akurat dalam memprediksi range harga peralatan wedding organizer. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji MAE dengan hasil 0,5. Kata Kunci: Wedding Organizer, Sistem Rekomendasi, Collaborative Filtering.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 25 May 2021 02:28 |
Last Modified: | 10 Mar 2024 02:26 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2210 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |