PENGEMBANGAN IKLAN MENGGUNAKAN BAHASA JEPANG SEBAGAI MEDIA PROMOSI SHINJU JAPANESE LANGUAGE SCHOOL

SOLEHAN, SOLEHAN (2020) PENGEMBANGAN IKLAN MENGGUNAKAN BAHASA JEPANG SEBAGAI MEDIA PROMOSI SHINJU JAPANESE LANGUAGE SCHOOL. Diploma thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan iklan di website Shinju Japanese Language School. Content di bagian sisi atas website yang sebelumnya berisi foto kegiatan Shinju Japanese Language School, dikembangkan menjadi media promosi iklan berbahasa Jepang. Tujuan dari proses pengembangan iklan menggunakan bahasa Jepang agar dapat menarik perhatian pengunjung, sebagai media promosi dan mengenalkan dan menyampaikan suatu informasi mengenai Shinju Japanese Language School kepada masyarakat luas. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan metode deskriptif yaitu dengan cara memberikan gambaran yang rinci tentang proses sampai revisi pada media promosi yaitu iklan. Tidak hanya menggunakan metode deskriptif, pada penelitian ini juga menggunakan metode Research and Development (R&D) oleh Sugiyono (2015:407) yang memiliki 10 fase. Adapun fase tersebut yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk final dan produksi masal. Namun pada penelitian ini hanya mencakup 5 fase saja. Fase keenam hingga kesepuluh tidak dilakukan dalam penelitian ini karena keterbatasan waktu dalam penelitian. Hasil penelitian ini berupa 7 slide iklan menggunakan bahasa Jepang di bagian sisi atas content website yang menyajikan foto kegiatan Shinju Japanese Language School, gambar-gambar nuansa Jepang, sekaligus adanya kalimat-kalimat ajakan berbahasa Jepang. Dalam proses pengembangan iklan bahasa Jepang ini menggunakan teori fungsi iklan, desain komunikasi verbal, dan teori penerjemahan komunikatif. Adapun fungsi iklan teori periklanan yang disampaikan oleh Nurfebiaraning (2017:6) menjelaskan bahwa terdapat tiga fungsi periklanan yaitu (1) informing, (2) persuading, dan (3) reminding. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk pengembangan lanjutan mengenai media promosi Shinju Japanese Language School lainnya seperti x banner, poster, dan media promosi lainnya. Kata Kunci : Iklan, Bahasa Jepang, Media Promosi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bisnis dan Bahasa
Fakultas Bisnis dan Bahasa

Fakultas Bisnis dan Bahasa > Bahasa Jepang
Fakultas Bisnis dan Bahasa > Bahasa Jepang
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 01 Mar 2021 01:54
Last Modified: 10 Mar 2024 04:03
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2137

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats