ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ESSAY PADA POKOK BAHASAN LUAS SEGITIGA

MARGARETTY, OLIVIA ARUM (2015) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ESSAY PADA POKOK BAHASAN LUAS SEGITIGA. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal essay pada materi pokok segitiga yang ditinjau dari lima letak kesalahan yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan proses penyelesaian, dan kesalahan menarik kesimpulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa kelas VII/B MTs Al Anwar Paculgowang Jombang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan wawancara. Tes yang diberikan berbentuk tes essay pokok bahasan luas segitiga. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa letak kesalahan yang dilakukan S1 dalam menyelesaikan soal essay pada materi pokok segitiga meliputi: (1) Kesalahan membaca yang dilakukan adalah: tidak dapat membaca dengan benar kalimat dan simbol-simbol yang terdapat pada soal, (2) Kesalahan pemahaman yang dilakukan adalah: tidak menuliskan apa yang diketahui, tidak menuliskan apa yang ditanyakan, menuliskan simbol-simbol yang mereka buat sendiri tanpa ada keterangan, (3) Kesalahan transformasi yang dilakukan adalah: tidak menuliskan rumus yang akan digunakan, salah dalam menentukan rumus, (4) Kesalahan proses penyelesaian yang dilakukan adalah: salah dalam mengoperasikan hitungan dalam hal ini S1 sudah melakukan proses perhitungan tetapi cara yang digunakan dan hasil jawaban dari S1 tidak sesuai dengan soal yang diberikan, tidak menuliskan satuan luas dalam proses pengerjaan, (5) Kesalahan menarik kesimpulan yang dilakukan adalah: salah dalam menentukan jawaban akhir, tidak menuliskan satuan dari jawaban akhir. Letak kesalahan yang dilakukan S2 dalam menyelesaikan soal essay pada materi pokok segitiga meliputi: (1) Kesalahan membaca yang dilakukan adalah: tidak dapat membaca dengan benar kalimat dan simbol-simbol yang terdapat pada soal, (2) Kesalahan pemahaman yang dilakukan adalah: tidak menuliskan apa yang diketahui, tidak menuliskan apa yang ditanyakan, menuliskan simbol-simbol yang mereka buat sendiri tanpa ada keterangan, (3) Kesalahan transformasi yang dilakukan adalah: tidak menuliskan rumus yang akan digunakan, salah dalam menentukan rumus, (4) Kesalahan proses penyelesaian yang dilakukan adalah: salah dalam mengoperasikan hitungan, tidak menuliskan satuan luas dalam proses pengerjaan, dan (5) Kesalahan menarik kesimpulan yang dilakukan adalah: salah dalam menentukan jawaban akhir, tidak menuliskan satuan dari jawaban akhir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1-Ilmu Keperawatan
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 21 Nov 2015 01:46
Last Modified: 21 Nov 2015 01:46
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats