PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FUNGSI KUADRAT MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS X MA BIDAYATUL HIDAYAH

RAHMAWATI, KHILFI SUCI (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FUNGSI KUADRAT MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS X MA BIDAYATUL HIDAYAH. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penyebab rendahnya hasil belajar matematika siswa salah satunya adalah kurang tepatnya penerapan penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika pada materi fungsi kuadrat menggunakan model Problem Based Learning dan model pembelajaran langsung pada siswa kelas X MA Bidayatul Hidayah (2) Untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran dengan model Problem Based Learning. Penelitian dilaksanakan di kelas X MA Bidayatul Hidayah tahun ajaran 2014/2015 semester genap. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Bidayatul Hidayah tahun ajaran 2014/2015. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen (X-B) dan kelas kontrol (X-A). Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain posttest only control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian berupa tes hasil belajar adalah analisis statistik dengan uji t dua sampel saling bebas. Sedangkan untuk menganalisis hasil angket digunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika pada materi fungsi kuadrat menggunakan model Problem Based Learning dan model pembelajaran langsung pada siswa kelas X MA Bidayatul Hidayah. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung yang lebih besar dari ttabel (3,080 > 2,014) sehingga hipotesis diterima. Selain itu, dapat disimpulkan juga bahwa respon siswa terhadap model Problem Based Learning dapat dikatakan sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 21 Nov 2015 01:39
Last Modified: 21 Nov 2015 01:40
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats