PENGARUH TERAPI KOMPLEMENTER HYPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SANTRI PUTRA ASRAMA PONDOK TINGGI PONDOK PESANTREN DARUL „ULUM JOMBANG

ALBAB, ASHIF ULUL (2019) PENGARUH TERAPI KOMPLEMENTER HYPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SANTRI PUTRA ASRAMA PONDOK TINGGI PONDOK PESANTREN DARUL „ULUM JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi belajar sangat penting dalam perkembangan diri seorang remaja yang sedang mengalami proses perubahan baik secara fisik, emosional dan psikologis. Semangat belajar, kondisi remaja, perubahan lingkungan dan keaktifan belajar merupakan sebagian contoh kecil fenomena yang akan di alami oleh remaja atau santri yang bertempat tinggal di lingkungan Pesantren, sehingga mengakibatkan motivasi belajar menurun. Salah satu cara yang mungkin dapat digunakan untuk meningkatkan Motivasi Belajar adalah dengan Terapi Komplementer Hipnosis. Terapi komplementer hipnosis bisa untuk memperbaiki kebiasaan buruk, malas belajar dan juga bisa memperkuat memori. Terapi komplementer hipnosis bisa membangkitkan semangat anak, dan dapat mensugestikan berbagai sugesti positif yang bertujuan meningkatkan rasa percaya diri, motivasi, perasaan diri mampu dan berharga, dan citra diri positif pada anak. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh Terapi Komplementer Hipnosis Terhadap Motivasi belajar Santri Asrama Pondok Tinggi PP Darul „Ulum Jombang. Desain penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan rancangan eksperimen one group pre-test – posttest design. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran skala motivasi belajar, yang mana diambil 13 responden. Analisis data menggunakan teknik Uji Wilcoxon. Analisis data dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical Program For Social Service) versi 16.00 for windows. Hasil analisa pengaruh terapi komplementer hipnosis terhadap motivasi belajar santri putra menggunakan uji Wilcoxon pada post ρ = 0,001 (< 0,05) hal ini menunjukkan bahwa nilai p < 0,05 yang berarti H0 ditolak H1 diterima yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap post perlakuan pengaruh terapi komplementer hipnosis terhadap motivasi belajar santri putra. Keyword: Motivasi belajar, Terapi komplementer hipnosis, santri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Fakultas Ilmu Kesehatan > S1-Ilmu Keperawatan
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 23 Nov 2019 02:06
Last Modified: 23 Nov 2019 02:06
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1702

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats