Rahayu, Kurnia (2019) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA PAPEDA (PAPAN PERUBAHAN BENDA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS III DI MI MIFTAHUL FALAH GEMPOLDAMPET PETERONGAN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA melalui media Papeda yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas III di MI Miftahul Falah Gempoldampet Peterongan Jombang. Peneliti disini menggunakan perangkat pembelajaran seperti RPP, media Papeda dan menggunakan lembar wawancara untuk memperoleh informasi. Penelitian ini menggunakan analisis data flow model dan data yang dikumpulkan berdasarkan wawancara, dokumentasi, dan tes. Pada tahap pra siklus siswa mengalami ketuntasan belajar sebanyak 32% dan 68% belum mencapai ketuntasan belajar. Hasil pada tahap siklus 1 mengalami peningkatan ketuntasan sebesar 80% dan 20% dari jumlah keseluruhan siswa mendapatkan nilai dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Selajutnya pada tahap siklus 2 setelah melakukan pendalaman penerapan media Papeda mengalami peningkatan dengan prosentase 100%. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Papeda dapat mengingkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas III MI Miftahul Falah Gempoldampet Peterongan Jombang. Kata Kunci: Media Papeda, Metode Demonstrasi, Ilmu Pengetahuan Alam, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 01:22 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 01:22 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1626 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |