Afifah, Nurul (2019) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTACHUL ILMI KEDUNGMLATI KESAMBEN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran di kelas II MI Miftachul Ilmi Kedungmlati Kesamben Jombang, guru masih menggunakan metode konvensional yaitu pembelajaran yang menggunakan metode berpusat pada guru, penelitian dilaksanakan karena hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran IPS Miftachul Ilmi Kedungmlati Kesamben Jombang. Subyek penelitian siswa kelas II sebanyak 12 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data flow model dan data yang dikumpulkan berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pada tahap pra siklus, hanya 6 siswa yang mampu dengan prosentase ketuntasan sebanyak 50% dan rata-rata sebanyak 70. Hasil pada siklus 1 terdiri dari 9 siswa hasil belajar mengalami peningkatan dengan prosentase ketuntantasan sebanyak 75 dan 79,17 rata-rata klasikal. Sedangkan siklus 2 mencapai 100% ketuntasan dengan rata-rata sebanyak 92,5. Dapat disimpulkan bahwa menggunakan strategi pembelajaran PQ4R dan media word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas II MI Miftachul Ilmi Kedungmlati Kesamben Jombang. Kata Kunci: Strategi PQ4R, Word Square, Hasil Belajar, IPS
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 04 Nov 2019 02:24 |
Last Modified: | 04 Nov 2019 02:24 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1615 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |