Khumairok, Ikfi Putri (2019) IMPLEMENTASI MEDIA PADI KELAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN KENAMPAKAN ALAM DI ASIA TENGGARA SISWA KELAS VI PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH UMAR ZAHID PERAK JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah saat ini lebih ditekankan pada penguasaan materi dan hafalan membuat proses belajar bersifat kaku tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif serta metode yang digunakan guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga proses belajar menjadi monoton. Peta tiga dimensi adalah peta yang dibuat berdasarkan bentuk permukaan bumi yang sebenarnya. Jenis yang digunakan oleh peneliti adalah peneliti tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode dalam pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi peneliti menggunakan teknik analisis data dengan flow model yang meliputi tiga tahap yaitu data kognitif, data tentang rata-rata kelas, ketuntasan belajar klasikal. Implementasi Media Padi Kelam mampu meningkatkan kemampuan membandingkan kenampakan alam di Asia Tenggara siswa hal itu bisa dilihat dari presentase ketuntasan pra siklus yang sebesar 21,05% berubah menjadi 57,89% pada siklus I, dan menjadi 100% presentase ketuntasan pada siklus II. Kata Kunci: Padi Kelam, Meningkatkan Kemampuan, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 04 Nov 2019 02:16 |
Last Modified: | 04 Nov 2019 02:16 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1613 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |